Menteri PPN Paparkan Enam Stategi Redesain Transformasi Ekonomi

JAKARTA, Harnasnews.com – Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa membeberkan enam strategi besar redesain transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan untuk menuju Indonesia Maju sebelum 2045.

Pertama adalah bagaimana memastikan sumber daya manusia kita itu dalam hal ini sistem kesehatan bisa mencapai apa yang disebut universal,” kata Menteri Suharso dalam webinar di Jakarta, Rabu.

SDM yang berdaya saing, lanjut Menteri Suharso, harus diikuti dengan peningkatan sistem pendidikan dan pendidikan karakter serta meningkatkan riset dan inovasi.

Strategi kedua adalah produktivitas sektor ekonomi berupa industrialisasi, produktivitas UMKM, dan modernisasi petani.

“Modernisasi pertanian terutama ini nanti terkait dengan nilai tukar petani di mana petani tidak hanya mendapatkan manfaat yaitu hanya di onfarm-nya, tetapi petani juga harusnya masuk di offfarm-nya sehingga menaikkan nilai tukar petani,” ujar Menteri Suharso.

Strategi ketiga adalah ekonomi hijau melalui ekonomi rendah karbon dan ekonomi sirkuler dan transisi energi

“Dalam rangka mencapai net zero emissions itu kita mencoba mendesain skenario, pencapaian juga transisi energi-energi kita yang harus lebih dominan dari energi baru dan terbarukan,” jelas Suharso.

Leave A Reply

Your email address will not be published.