Jelang Imlek, Kelenteng Tertua di Kota Bekasi, Hok Lay Kiong Mulai Bersiap

KOTA BEKASI, Harnasnews.com – Jelang perayaan tahun baru Imlek, berbagai persiapan dilakukan, salah satunya di kelenteng Hoklaykiong yang terletak di Jl. Kenari 1 RT 006/01 kelurahan Margahayu, kecamatan Bekasi Timur Kota Bekasi.

Ketua Yayasan Pancaran Tri Dharma, Roni Hermawan menuturkan bahwa persiapan menyambut Imlek meliputi pembersihan instrumen dan semua fasilitas ibadah yang memang dilakukan secara rutin jelang perayaan Imlek.

“Seperti biasa, kelenteng Hoklaykiong yang merupakan kelenteng tertua di kota Bekasi ini menyambut datangnya pergantian tahun Imlek. Tiga hari yang lalu kita melakukan bersih-bersih kelenteng, bersih-bersih itu altarnya, bersih patung rupang dewa-dewanya semua dibersihkan. Ini sebuah kebiasaan yang menjadi tradisi rutin,” kata Roni Hermawan kepada media pada Kamis (27/01/22).

Dalam keyakinan Tionghoa, pada hari itu dewa sedang naik ke langit, untuk melaporkan segala kebaikan dan keburukan manusia di bumi. Untuk itu, semua instrumen ibadah dapat dibersihkan. Tradisi itu juga dilakukan di seluruh dunia yang punya keyakinan Imlek.

Leave A Reply

Your email address will not be published.