Akses Masyarakat Dulunya Pakai Perahu Getek, Sekarang Di Bangunkan Jembatan “Ngurawan” Menjadi Salah Satu Jalan Alternatif

Daerah

BOJONEGORO,Harnasnews – Desa Kalangan adalah sebuah desa yg terletak di ujung barat dari Kab. Bojonegoro, Desa yg berbatasan langsung dengan Kab. Ngawi dan Kab. Blora.

Warga masyarakat Desa Kalangan yang mayoritas adalah petani, baik itu petani hutan maupun petani yg punya lahan sendiri. Dari hal tersebut Maka pemerintah desa berusaha mendukung kelancaran akses warga dalam kegiatan pertanian.

Salah satunya yaitu dibangunnya jembatan “Ngurawan”. Jembatan Ngurawan adalah salah satu Jembatan yang menghubungkan antara Desa Kalangan dan Desa Ngelo. Jembatan menjadi jalan akses terdekat untuk ke Desa Ngelo. Dan Jembatan Ngurawan ini menjadi akses untuk kegiatan pertanian warga desa Kalangan, yg dimana dulunya harus bersusah payah menggunakan getek (perahu rakit), Dengan adanya jembatan tersebut ada beberapa hal positif dari segi manfaat yaitu :

1. Manfaat ekonomi
Jembatan Ngurawan dikatakan meningkatkan ekonomi warga sekitar karena banyak petani hutan yg terletak disebelah Utara sehingga mempermudah dan mengurangi biaya panen yg tadinya 2 kali angkut sekarang bisa langsung sekali angkut dari lahan sampai rumah. Untuk pencari pakan ternak lebih banyak karena akses yang sangat mudah.

2. Manfaat Sosial
Jembatan Ngurawan adalah akses penghubung antara Desa Kalangan dan Desa Ngelo. Dan menjadi salah satu jalan alternatif terdekat untuk orang yg akan menuju ke ngelo maupun keluar dari Desa Ngelo, dari beberapa manfaat tersebut jg direncanakan akan dibangun jalan aspal menuju desa Ngelo sehingga akan lebih mudah dan lancar untuk kegiatan – kegiatan yg melewati Jembatan Ngurawan.

Jembatan yang telah diresmikan oleh Bupati Bojonegoro pada 5 Desember 2020 itu menjadikan salah satu dan satu satunya jembatan penghubung ataupun jalan alternatif yang sangat banyak dirasakan oleh masyarakat Desa Kalangan dan Desa Ngelo, Jembatan dengan Panjang Bangunan 56M, dan dengan anggaran yang bersumber dari BKD dan DD ini akhirnya terselesaikan meskipun harus dengan kerja keras.

Kasmani selaku Kepala Desa Kalangan Mengatakan “Kami mewakili masyarakat Desa Kalangan mengucapkan banyak terima kasih kepada bupati Bojonegoro maupun pemerintah kabupaten Bojonegoro yang telah memberikan kemudahan dengan dibangun nya jembatan Ngurawan tersebut dimana jembatan tersebut sangat mempermudah akses kami untuk melakukan kegiatan pertanian yaang sehingga tercapainya peningkatan ekonomi di masyarakat Desa Kalangan”. Ungkapnya.(Ulva.HNN).

Leave A Reply

Your email address will not be published.