Antisipasi Banjir Pada Musim Penghujan, Kecamatan Rawalumbu Keruk Kali Bojong Sepanjang 2 Kilometer

KOTA BEKASI, Harnasnews.com – Menghadapi musim penghujan, berbagai antisipasi dilakukan mencegah banjir yang kerap terjadi, terutama di wilayah kecamatan Rawalumbu.

Untuk itu dilakukan pengerukan kali yang juga berfungsi sebagai penampungan air sementara dari sendimen.

Seperti yang dilakukan oleh pemerintah Kecamatan Rawalumbu di Jalan Blue Safir kelurahan Bojong Rawalumbu, kecamatan Rawalumbu pada Kamis (27/06/24).

Sekcam Rawalumbu Yudistira didampingi Kasi Pem Trantibum Mulky Sihabuddin dan Babinsa Bojong Rawalumbu Serka Subur Hernadi menjelaskan bahwa kegiatan itu merupakan agenda tahunan.

“Kita melakukan pengerukan untuk mengantisipasi banjir di wilayah kita dan pengerukan kali ini kita lakukan sepanjang 2 kilometer,” kata Yudistira kepada awak media.

Menurut Yudis, Pengerukan sendimen lumpur penampungan di Kali Bojong Rawalumbu rencananya akan dilakukan selama kurang lebih seminggu.

“Kita akan bersihkan sedimen kali Bojong Rawalumbu mulai dari RW 40 dan 39 selanjutnya akan bergeser ke RW 28, 27, 9, 10 dan 26,” ucap Yudis.

Dirinya menyebut, Dengan ekskavator long arm, sendimen lumpur tersebut dikeruk sedalam 1,5 meter dan langsung dibuang ke penampungan khusus agar tidak menggangu.

Sekcam Rawalumbu Yudistira juga berharap kepada para warga kecamatan Rawalumbu untuk menjaga kebersihan lingkungan. Dirinya juga ingin Kelurahan melakukan kegiatan serupa terutama yang berpotensi banjir jika musim penghujan tiba.

“Kita sudah melakukan pengerukan di kelurahan Bojong Rawalumbu hari ini, kami berharap hal serupa dilakukan juga oleh jajaran kelurahan berkaitan dengan kebersihan lingkungannya,” tukasnya.(Mam)

Leave A Reply

Your email address will not be published.