Pernah Ikut Serta Dalam WBP Got Talent, Ragil Akustik Band Makin Exist

BERITA

Helen Mustika bersama Tegar Sukmawan yang merupakan mentor sekaligus pembimbing dalam Ragil Akustik Band

PASURUAN, Harnasnews – Ragil Akustik Band binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Bangil ternyata pernah ikut lomba WBP Got talent pada bulan April 2024 lalu, yang digelar Ditjenpas Kemenkumham RI.

Meskipun belum mendapatkan juara, Ragil Akustik Band yang beranggotakan 7 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) terus mengasah skill dan menunjukkan bakatnya dengan latihan musik setiap jadwal latihan.

Ragil Akustik Band tak latihan sendiri, namun didampingi oleh Helen Mustika bersama Tegar Sukmawan pegawai Rutan Bangil sebagai mentor, ada lagu ciptaan dari Ragil Akustik band dengan genre Pop yang berjudul WBP Rutan Bangil.

Kepala Peamanan Rutan (KPR) Kelas IIB Bangil, Bambang Budiantoro Hutabarat  menjelaskan bahwa Ragil Akustik Band beranggotakan 7 orang Warga Binaan Rutan Kelas IIB Bangil.

“Ada sekitar 7 orang Warga Binaan, dari 7 orang itu ada seorang wanita yang kita libatkan sebagai vokalis. Dengan adanya Ragil Akustik Band setidaknya bisa memberikan kegiatan positif,” ucap Bambang, pada Selasa (2/7/24).

Sementara itu, Tegar Sukmawan salah satu pegawai Rutan Bangil yang memberikan pembinaan dan mendampingi Ragil Akustik Band menjelaskan bahwa Ragil Akustik Band berdiri mulai Agustus 2023.

“Disini kami sebagai pembina temen-temen warga binaan yang berada di Ragil Akustik Band untuk lebih mengasah keahlian dalam bermusik. Kegiatan ini dimulai Agustus tahun kemarin, dan sudah hampir satu tahun,” jelas Tegar.

Lebih lanjut Tegar Sukmawan menambahkan manfaat dari warga binaan dalam latihan skill bermusik.

“Sebelumnya kita melihat potensi, latar belakang temen-temen warga binaan pemasyarakatan, akhirnya kita asah potensi tersebut. Agar mereka memiliki bekal nantinya dan sembari mengajak temen-temen yang memiliki potensi lain, jadi ada kegiatan kesenian khususnya di bidang musik,” lanjutnya.

Diketahui untuk kegiatan musik, Ragil Akustik band melakukan latihan satu minggu dua kali, mulai kegiatan kecil serta besar selalu tampil dan selalu ikut andil. Contoh sekilas dalam kegiatan kunjungan, Ragil Akustik band juga ikut meramaikan.

Tak hanya itu, untuk kegiatan besar yang meliputi 17 Agustus, Hari ulang tahun pemasyarakatan, HUT RI juga ikut meramaikan. Senada, Helen Mustika juga menyampaikan bahwa personil Ragil Akustik band naik turun dan pernah mengikuti ajang lomba WBP Got talent pada April 2024.

“Personil Ragil Akustik band naik turun panggung, karena ini Rumah Tahanan Negara, ya jadi keluar masuk. Jika ada yang keluar (masa hukuman habis) maka kita narik personil dan mengajari lagi. Ragil Akustik Band juga pernah mengikuti lomba WBP Got Talent, pada Hari Pemasyarakatan,” pungkasnya.(Hid)

Leave A Reply

Your email address will not be published.