Peringati HUT Ke-4, Siloam Ambon Gelar Fun Run

AMBON, Harnasnews.com – Peringati HUT ke-4 Siloam Ambon menggelar kegiatan Fun Run 5K dengan tema #Seutas : Selangkah untuk tulang sehat dan sekilas bincang sehat, yang dilaksanakan pada Kamis (01/9/24).

Pada kegiatan itu, dibawakan oleh dr. Wijaya Johanes Chendra, SpOT(K), spesialis ortopedi, sub-spesialis hip & knee (panggul dan lutut). dr. Wijaya Johanes Chendra , SpOT (K), AIFO-K, FICS, spesialis ortopedi, sub-spesialis hip & knee (panggul dan lutut) juga menjelaskan tentang Tips dan Postur lari supaya tidak cedera.

dr. Wijaya menjelaskan bahwa untuk menghindari cedera, yang harus diperhatikan sebelum berlari yaitu dengan melakukan Pemanasan yang Baik, selalu mengawali dengan pemanasan yang ringan seperti lari ringan untuk mempersiapkan otot-otot, Postur tubuh.

“Pastikan tubuh dalam posisi yang benar seperti menegakkan tubuh dan posisi kepala dan tulang belakang sejajar, Langkah kaki, Tekanan kaki, Sepatu lari dan mengakhirinya dengan pendinginan. Dan apabila terjadi cedera selalu menggunakan prinsip RICE : Rest, Ice, Compression, Elevation,” kata dr Wijaya dalam sesi bincang sehat.

dr Wijaya menjelaskan, Rest yaitu dengan melakukan istirahat saat terjadi cedera dan tidak memaksakan menyelesaikan kegiatan, Ice : melakukan kompress dingin pada kaki yang cedera, Compression : pembalutan bagian yang mengalami cedera dengan kain elastis, Elevation: peninggian dari anggota tubuh yang mengalami cedera.

Dr. Paulus Triaji Hadijiwaya, selaku Hospitals Director Siloam Ambon yang juga hadir serta membuka kegiatan ini. dr. Paulus menyampaikan menyampaikan bahwa acara ini diselenggarakan dalam rangka sukacita merayakan kehadiran Rumah Sakit Siloam Ambon yang telah hadir melayani masyarakat Provinsi Maluku dan khususnya Kota Ambon selama 4 tahun ini.

Fun Run ini dilaksanakan juga sebagai bentuk kepedulian Rumah Sakit Siloam Ambon terhadap membangun kesadaran kita bersama akan penting nya menjaga kesehatan tubuh kita, terutama kesehatan tulang sesuai dengan campaign dari Fun Run ini #SEUTAS (Selangkah Untuk Tulang Sehat),” ujar dr Paulus.

Menurut dr. Paulus, berlari merupakan cara yang paling sederhana dalam berolahraga untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh kita, juga menjaga kesehatan tulang kita.

“Semoga melalui kegiatan fun run yang dilaksanakan Siloam Ambon ini dapat lebih meningkatkan kesadaran tentang hidup sehat kepada masyarakat kota Ambon,” tukasnya.

Sekedar diketahui bahwa Siloam Hospitals Ambon merupakan rumah sakit ke-39 di Siloam Hospitals Group. Berlokasi di Jl. Sultan Hasanudin, Hative Kecil, Sirimau, Kota Ambon. Rumah sakit ini mulai beroperasi pada Juni 2020, Siloam Hospitals Ambon saat ini sudah membuka pelayanan operatif dan non-operatif dengan pelayanan spesialis umum dan subspesialis, dengan 101 tempat tidur.

Terdiri dari dua lantai yang telah beroperasi dari sebelas lantai yang sedang dalam proses pembukaan, Siloam Hospitals Ambon juga dilengkapi dengan fasilitas dan pelayanan kesehatan pendukung seperti Instalasi Gawat Darurat (IGD), ruang HCU, ruang ICU, ruang isolasi, CT Scan, x-ray, farmasi, dan laboratorium. (Red)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.