Hadiri Pemetaan Kerawanan Pemilu 2024, Ini Kata Polres Metro Bekasi Kota

KOTA BEKASI, Harnasnews.com – Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Dani Hamdani bersama Dandim 0507/Bekasi Kolonel Arm Rico Ricardo Sirait menghadiri Launching Pemetaan Kerawanan dalam Pemilu serentak 2024.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu Kota Bekasi di aula Krakatau, hotel Horison, Jl. KH. Noer Alie kota Bekasi pada Senin (12/08/24).

“Dengan dasar dilaunchingnya pemetaan kerawanan ini, dikaitkan dengan tugas-tugas kepolisian dan TNI adalah bagaimana kita mengamankan pelaksanaan pemilu pilkada 2024 berjalan dengan aman dan damai didasarkan dengan peta kerawanan tersebut,” katanya.

Sehingga, kata Kapolres, jumlah personil baik dari kepolisian, TNI maupun linmas yang akan mengamankan TPS berdasarkan pemetaan kerawanan yang telah dilaunching oleh Bawaslu tersebut.

“Kalau kita perhatikan pengalaman kemarin, meskipun ada beberapa gugatan, ada beberapa permasalahan tapi relatif lebih kondusif dan itu juga harapan kami sebagai aparat keamanan siapapun yang berkonstetasi siapapun yang akan maju sebagai calon walikota akan tetapi pilkada tetap aman dan damai,” imbuhnya.

Namun begitu, ada beberapa titik yang menjadi sorotan bagi kepolisian salah satunya Bekasi Timur, Bekasi Utara dan Bekasi Selatan. Sedangkan untuk titik berat pada pengamanan akan difokuskan situasi Kamtibmas saat pelaksanaan pemilu.

“Kalau kami dikaitkan kira-kira pada saat pilkada baik itu kampanye maupun pemilihan langsung itu seperti apa ancamannya buat terselenggaranya pemilu itu sendiri,” ungkap Kapolres.

Polres Metro Bekasi Kota bersama dengan tiga pilar akan segera melaksanakan apel gelar Pasukan dan menentukan jumlah personil yang nantinya akan terlibat dalam pengamanan Pilkada tersebut.

“Kami rencana akan melakukan apel gelar pasukan pengamanan Pilkada besok, dan di apel gelar pasukan itu akan disebutkan kira-kira berapa jumlah personil yang mengamankan seluruh TPS yang ada di wilayah kota Bekasi,” katanya lagi.

Hal ini akan mengacu dari data KPU ada pengurangan dari 7000 TPS menjadi sekitar 3000 TPS atau sekitar 88 persen pengurangan TPS.

“Namun demikian untuk petugas dari kami akan di backup dari Polda Metro Jaya karena kami akan fokus pada Pilkada walikotanya, sedangkan pilkada gubernurnya akan di backup dri Polda,” tukasnya.

Dari segi pengamanan Pilkada 2024 di Kota Bekasi, Polres Metro Bekasi Kota bersama dengan unsur Kodim 0507/Bekasi telah siap dengan segala kemungkinan. (Mam)

Leave A Reply

Your email address will not be published.