KPU Sebutkan Semua Bakal Paslon Pilkada Sumbawa Memenuhi Syarat Kesehatan

Kadiv Tehnis dan Penyelenggaraan KPU Sumbawa, Muhammad Ali

SUMBAWA,Harnasnews  – Komisi Pemihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa telah mengumumkan bahwa keempat bakal pasangan calon (bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa telah memenuhi syarat kesehatan untuk maju dalam Pilkada 2024 Selasa 4 September 2024 di aula Kantor KPU Kabupaten Sumbawa.

Hasil pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani, serta bebas dari penyalahgunaan narkotika dan psikotropika menyatakan bahwa keempat bapaslon, yaitu: Abdul Rafiq-Sahril (RASA) Dewi Noviani-Talifuddin (Novi-Talif), Mahmud Abdullah-Burhanuddin Jafar Salam (Mo-BJS) dan Syarafuddin Jarot-Mohamad Ansori (Jarot-Ansori) layak untuk melanjutkan proses pencalonan.

Kadiv Tehnis dan Penyelenggaraan KPU Sumbawa, Muhammad Ali menjelaskan bahwa padatanggal 3 September 2024 lalu di KPU NTB, telah menerima secara langsung dokumen hasil pemeriksaan bakal pasangan calon sebanyak 8 orang. Diserahkan langsung oleh Dir RSUP di Mataram.

“Kami mengundang LO Parpol untuk menyerahkan Berita Acara kesimpulan hasil pemeriksaan, ada dua klasifikasi yakni Jasmani dan Rohani kemudian Narkotika dan Psikotropika,” ungkapnya.

Ali menegaskan bahwa KPU Kabupaten Sumbawa telah menetapkan dua SK, pertama tentang tim pemeriksa kesehatan Bapaslon dan SK tentang penilai yang mengambil kesimpulan tentang hasil pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani serta hasil pemeriksaan bebas dari penyalahgunaan narkotika dan psikotropika tersebut.

Berkas rekam medis adalah dokumen yang dirahasikan dan harus diterima oleh bakalpaslon, yang akan dibaca KPU adalah hasil kesimpulan. Rekam medis tidak pernah kami buka dan aman di dalam dokumen ini.

Hasil pemeriksaan dan penilaian kesehatan ini bersifat final. Kami bersyukur hasil pemeriksaan sebanyak 8 orang memenuhi syarat.”Kami telah mengantisipasi dari 8 orang tersebut ada yang tidak memenuhi syarat. Hal ini tentu sesuai do’a dan ikhtiar tim pemenangan” jelasnya.

Ditambahkan oleh Kadiv Hukum dan Pengawasan KPU Sumbawa, Ardani Hatta, membacakan hasil pemeriksaan kesehatan dan hasil penilaian hasil pemeriksaan kesehatan, menyebut bahwa Berita Acara tersebut telah ditandatangani oleh tim pemeriksa dan tim penilai kesehatan RSU Provinsi NTB.

Dengan semua bapaslon dinyatakan memenuhi syarat kesehatan, Pilkada Sumbawa 2024 dipastikan akan berlangsung dengan kompetitif dan menarik. Tahapan selanjutnya adalah penetapan pasangan calon pada 22 September dan pengambilan nomor urut pada 23 September 2024.(Herman)

Leave A Reply

Your email address will not be published.