Tahapan Deklarasi Damai KPU Kota Pasuruan

BERITA

PASURUAN, Harnasnews – Setelah tahapan penetapan nomor urut pasangan calon, KPU Kota Pasuruan malaksanakan tahapan Deklarasi Pemilu Damai yang merupakan tahap lanjut langkah awal demokrasi dengan jalin bersama-sama berkolaborasi, bergandengan dalam rangka menyelenggarakan Pilkada, pada Selasa (24/09/2024).

Deklarasi tersebut merupakan momentum bersama untuk mendukung Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, utamanya Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Pasuruan dalam Pemilhan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 yang dilaksanakan lapangan Ikagawa Loghawa Polres Pasuruan Kota pada pukul 19:30 WIB.

Ketua KPU Kota Pasuruan, Nanang Abidin memaparkan, deklarasi yang terpenting adalah sinergisitas penyelenggara antara KPU, Bawaslu, Pemerintah Daerah dari Polres Pasuruan Kota, Kodim 0819/Pasuruan, dan para pendukung pasangan calon untuk mensukseskan pemilihan dengan damai dan kondusif.

“Mari menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, menghormati keberagaman serta mewujudkan suasana aman, tertib dan damai  selama penyelenggaraan Pilkada, melaksanakan seluruh kegiatan tahapan terutama kampanye dengan mematuhi peraturan undang-undang, peraturan PKPU dan peraturan peraturan lainnya sehingga untuk itu kami menyelenggarakan kegiatan deklarasi malam hari ini,” papar Nanang Abidin.

KPU Kota Pasuruan berharap penyelenggara Pemilu yang damai dan santun sebagai contoh kepada para pemilih yang ada.

Paslon 01, Adi Wibowo dan H. M Nawawi (Anugrah), menyampaikan Pemilu merupakan mekanisme untuk memilih pemimpin secara demokrasi sebagai jalan untuk mewujudkan apa yang dicita-citakan oleh negara yaitu mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.

“Alhamdulillah, rangkaian demi rangkaian kegiatan Pilkada sudah kita laksanakan. Malam ini adalah komitmen kita untuk bagaimana mewujudkan Pilkada yang damai, tentu ini menjadi bagian komitmen penting kita semua,” terang Adi Wibowo yang akrab dengan panggilan Mas Adi.

Pasangan calon 01 beserta partai pengusung berkomitmen bagaimana pilkada ini dilaksanakan secara damai dan menjunjung tinggi demokrasi.

“Kami bersama tim akan mendukung pemuli damai dalam Pilkada 2024, karena demokrasi kita pilih sebagai konsensus bangsa kita,” jelas Mas Adi.

Menurut Adi Wibowo, Demokrasi atau Pilkada bukan tujuan tapi adalah alat untuk mewujudkan apa yang di sebut atau apa yang menjadi tujuan negara yaitu mewujudkan masyarakat adil dan makmur.

“Bersama-sama berangkat dari tempat yang berbeda yang penting adalah tujuannya sama mewujudkan cita-cita masyarakat Kota Pasuruan yaitu kota Pasuruan yang semakin lebih baik, mari kita dukung deklarasi damai sebagai wujud komitmen kita sebagai warga negara yang baik,” pungkas Adi Wibowo.(Hid)

Leave A Reply

Your email address will not be published.