Menteri PANRB: Sistem Merit Kunci dari Reformasi Birokrasi

JAKARTA, Harnasnews – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas mengatakan implementasi sistem merit yang baik merupakan salah satu wujud dari penerapan reformasi birokrasi.

“Selamat Jawa Barat sudah punya Grha Merit. Saya senang ini berarti sistem merit di Provinsi Jabar terjaga dan menjadi komitmen yang serius dalam menciptakan optimisme dan semangat untuk menghadirkan aparatur sipil negara (ASN) yang berkualitas di lingkup Pemprov Jabar,” kata Anas dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Hal itu disampaikan Anas saat meresmikan Pusat Keunggulan (Center of Excellence) Grha Merit di Jawa Barat, Kamis (26/9).

Ia menyampaikan hadirnya Grha Merit di Tanah Pasundan ini dapat mendorong agar pelaksanaan sistem merit di Provinsi Jawa Barat menjadi lebih berdampak.

Sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo terkait dengan pelaksanaan sistem merit harus bisa mendorong birokrasi yang berdampak terwujud.

“Sistem merit ini mahkota dari manajemen ASN. Saya apresiasi Pemprov Jabar yang fokus membenahi mahkotanya ini. Jangan sampai rusak karena sistem merit merupakan kunci dari implementasi reformasi birokrasi yang merupakan engine of development,” lanjutnya.

Mantan Kepala LKPP ini mengatakan bahwa Jawa Barat yang seringkali menjadi tempat studi banding ini, bisa menjadi contoh nyata bagi pemerintah daerah yang lain, khususnya dalam implementasi sistem merit.

Ia berharap implementasi sistem merit di Provinsi Jawa Barat dapat diterapkan oleh kabupaten dan kota di wilayah Jawa Barat serta wilayah lainnya agar sistem meritnya juga dapat berjalan dengan baik.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN telah memberikan ruang yang cukup luas bagi ASN untuk memiliki peta karier yang bagus.

Leave A Reply

Your email address will not be published.