Gebyar Kirab Pilkada 2024 KPU Kabupaten Pasuruan

BERITA

PASURUAN, Harnasnews – Seusai Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pasuruan menggelar acara serah terima Kirab Maskot Pilkada serentak Tahun 2024 dari Probolinggo Kota pada tanggal 01 Oktober kemarin.

Kali ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasuruan gelar hal yang sama yaitu Serah Terima Kirab Maskot Pilkada Serentak tahun 2024 dari KPU Kota Pasuruan pada hari Jumat (04/10/2024).

Acara  diselenggarakan di Taman Candra Wilwatikta yang terletak di Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Acara ini merupakan bagian dari persiapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, serta Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang.

Kirab Maskot Pilkada 2024 ini tidak hanya bertujuan untuk mensosialisasikan Pilkada kepada masyarakat, tetapi juga sebagai sarana pendidikan pemilih, guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu.

Acara yang dimulai pada pukul 13.00 WIB dihadiri oleh Penjabat Bupati Pasuruan yang diwakilkan pada Kepala Dinas Bakesbangpol Kabupaten Pasuruan, Komisioner KPU Kota Pasuruan, Forkopimda Kabupaten Pasuruan, perwakilan KPU Provinsi Jawa Timur, serta jajaran KPU dari Kabupaten Pasuruan.

Ketua KPU Kabupaten Pasuruan, Ainul Yaqin menyampaiak bahwa kirab ini merupakan salah satu tahapan Pilkada yang harus dilakukan dan dipenuhi oleh masing masing kota dan kabupaten di wilayah Jawatimur. Untuk itu  dilakukan serah terima Maskot, karena hal ini merupakan program dari KPU Provinsi Jawa Timur. Adapun Maskot Provinsi Jatim ialah Si Jalih.

“Perihal ini bertujuan semoga masyarakat mampu mengajak memobilisasi atau meningkatkan partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS guna menggunakan hak pilihnya pada tanggal 27 November 2024 mendatang,” ucap Ainul Yaqin dalam sambutannya.

Dijelaskan pesta demokrasi ini hanya kita temui 5 tahun sekali, maka dari itu mari menjaga stabilitas keamanan, kenyamanan dan keharmonisan. Karena pesta demokrasi ini adalah momentum melahirkan pemimpin terbaik bagi masyarakat Pasuruan.

“Pastinya nanti dari salah satu Paslon akan adanya yang menang maupun yang kalah. Siapapun nantinya yang akan menjadi pemenang tetap terus menjaga silaturahim, serta stabilitas keamanan jangan sampai ada perpecahan,” jelas Ainul Yakin.

KPU Kabupaten Pasuruan memilih Maskot Sakera, dimana yang di ketahui Sakera adalah sosok pejuang yang lahir dan tumbuh berkembang di Kabupaten Pasuruan yang berada di kecamatan Bangil.

“Sakera dapat diambil dua Arti yakni Sarana Kedaulatan Rakyat, yang mana Kedaulatan Kekuasaan sesungguhnya ini adalah milik Rakyat dan untuk Rakyat. Sehingga pesta demokrasi ini perlu dijaga keamanan dan kenyamanannya sampai nanti lahirnya pemimpin terbaik yang dimiliki Kabupaten Pasuruan,” papar Ketua KPU.

Pihak KPU Kabupaten Pasuruan mengucapkan terima kasih atas segala upaya dan sinergi yang baik bagi para stecholder terkait, baik dari Pemerintahan, Kepolisian dan TNI yang sudah bekerja sama dalam seluruh kegiatan mulai dari tahapan tahapan sampai tahapan kampanye hari ini berjalan dengan lancar.

Tampak hadir pula Bawaslu Kabupaten Pasuruan, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Pasuruan juga turut berpartisipasi dalam acara tersebut.(Hid)

Leave A Reply

Your email address will not be published.