Pertama di Madura, RSUDMA Sumenep Terapkan Layanan Operasi Tanpa Sayat Bagi Penderita Tumor dan Gondok

SUMENEP,Harnasnews – Rumah Sakit Umum Daerah dr. H. Moh. Anwar (RSUDMA) Sumenep kembangkan Poli Onkologi dalam inovasi pelayanan kesehatan. Salah satunya layanan operasi minimal invasif bagi penderita tumor payudara dan gondok.

Poli Onkologi RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep menjadi yang pertama di Madura, dan tindakan Operasi Minimal Invasif (MIS) mulai dilaksanakan sejak Agustus lalu.

Dokter Husnul Ghaib, Sp.B (K) Onk, dr Spesialis Onkologi di RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, mengatakan, pihaknya mengembangkan dua teknik dalam operasi MIS, salah satunya Radiofrekuensi Ablasi (RFA) untuk tumor tiroid, khususnya pada kelainan tiroid atau gondok jinak.

“Perbedaannya adalah, operasi ini tidak menggunakan pisau, hanya dengan memasukkan elektroda sebesar jarum suntik nomor 16 yang dipandu dengan USG ke dalam tumor tiroid,” Jelasnya.

“Sel tumor tidak langsung hilang seperti pada operasi konvensional, namun akan mengecil dengan sendirinya,” Ungkapnya.

Praktik operasi tanpa bedah ini pertama di Madura dan kedua di Jawa Timur. Teknik ini hanya tersedia di RSUD Dr. Soetomo dan RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep.

“Operasi ini tidak lagi memerlukan sayatan seperti operasi sebelumnya, teknik ini hanya dengan memasukkan alat yang diarahkan ke lokasi tumor, dipandu dengan USG,” Pungkasnya.

Untuk diketahui,layanan operasi minimal invasif di RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep ini, ditanggung oleh BPJS, sehingga pasien dapat mengaksesnya dengan cepat, terjangkau serta mudah mendapatkan pelayanan cepat. (HR/Zham)

Leave A Reply

Your email address will not be published.