Tejowangi Carnival 2024 Dipenuhi Lautan Manusia Yang Memeriahkan Acara

BERITA

Salah satu kebudayaan yang dipertontonkan dalam acara.

PASURUAN, Harnasnews – Lautan Manusia dari berbagai daerah memadati Desa Tejowangi, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, untuk menyaksikan gelaran Tejowangi Carnival 2024 yang diselenggarakan pada Sabtu (05/10/2024).

Terpantau dari siang hari, para pengunjung berdatangan melalui berbagai jalur pintu masuk desa, seperti jalur Desa Capang, Desa Sekarmojo, dan pintu utama Purwosari. Acara tersebut menjadi magnet besar, dengan antusiasme masyarakat yang sangat tinggi dari warga lokal hingga luar daerah.

Tejowangi Carnival merupakan hajat masyarakat Desa Tejowangi, dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Pasuruan ke-1095, acara sendiri terselenggara atas partisipasi masyarakat yang begitu antusias dan sungguh luar biasa.

Kegiatan tersebut, diikuti oleh 23 peserta dari 5 Dusun yang ada di Desa Tejowangi, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan dengan akan menempuh jarak kurang lebih 3,3 kmdari titik start sampai finish. Acara mengusung tema kultur budaya nusantara, Tejowangi Carnival memperkenalkan kepada masyarakat, akan keragaman budaya yang ada di Indonesia.

Ketua panitia Tejowangi Carnival 2024, H Arifin menyampaikan bahwa Tejowangi Carnival 2024 tidak hanya menjadi ajang hiburan, tetapi juga ajang bagi warga untuk mengekspresikan kreativitas dan menampilkan seni budaya dari masing-masing RT di lima Dusun.

“Kegitan ini fokus pada kreativitas warga, terutama dalam menampilkan seni budaya lokal. Sound horeg berkapasitas besar juga menjadi bumbu untuk penyemangat utama di dalam acara ini,” tutur H. Arifin.

Sedangkan, Kepala Desa Tejowangi, Muhammad Yasin juga menambahkan bahwa Pemerintah Desa dan jajaran Forkopimca hanya menfasilitasi apa yang menjadi keinginan masyarakat agar bisa terselenggara dengan baik.

“Kami bersama panitia, dan jajaran Forkopimca hanya menjembatani keinginan masyarakat, agar acara ini bisa terlaksana dengan sukses, agar tahun depan bisa melaksanakan lagi jauh lebih baik,” tambah Kades.

Dari Pantauan dilokasi, Acara karnival dimulai sekitar pukul 16.00 WIB, diawali dengan barisan pasukan bendera merah putih diikuti oleh kereta yang dinaiki oleh kepala desa setempat dengan iringan gamelan tradisional, menambah sentuhan budaya khas lokal. Sebanyak 23 RT dari lima dusun di Tejowangi berpartisipasi dalam pawai ini, menampilkan berbagai seni dan kreasi unik yang menggambarkan keanekaragaman budaya di desa tersebut.

Kehadiran 23 sound system berkapasitas besar alias sound horeg yang menghentak dari setiap RT menambah semarak karnival. Namun nama besar sound horeg Jawa Timur yang tampil dalam Tejowangi Carnival 2024 antara lain Brewog Audio, Riswanda, NGX, Laba- laba, RWJ, Blizzard, Fuskho, Bufago, Minions dan banyak lainnya.(Hid)

Leave A Reply

Your email address will not be published.