Ngopi Bareng, KPU Kota Bekasi Edukasi Pemilih Pemula Untuk Partisipasi Pada Pilkada 2024

KOTA BEKASI, Harnasnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi menggelar Ngopi Bareng ketua dan anggota KPU Kota Bekasi bersama para generasi Z dalam kegiatan Sosialisasi Kewilayahan. Kegiatan dilakukan di Interaksi Cafe, Jl. Raya Pekayon, kelurahan Jakasetia, kecamatan Bekasi Selatan pada Rabu (09/10/24).

Kehadiran para pemilih pemula ini berasal dari perwakilan OSIS sekolah yang ada di wilayah Bekasi Selatan seperti SMAN 2, SMAN 3, SMA Permata Bangsa, SMA Panglima Sudirman, SMAN 17, SMA 8 dan SMK 17. Nampak hadir juga ketua KPU Kota Bekasi Ali Syaifa, Kapolsek Bekasi Selatan Kompol Untung Riswaji, Camat Bekasi Selatan Karya Sukmajaya serta perwakilan dari kelurahan serta Bawaslu.

“Kegiatan hari ini kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih yang memang segmennya adalah kelompok masyarakat di wilayah, yang paling utama kita libatkan generasi-generasi muda dari perwakilan sekolah khususnya anak-anak OSIS di sekolah-sekolah di wilayah Bekasi selatan,” kata Ketua KPU Kota Bekasi Ali Syaifa kepada media.

Sosialisasi kewilayahan dengan bentuk Ngopi Bareng KPU dengan sasaran kelompok masyarakat tersebut, dapat membuat masyarakat, terutama generasi muda atau pemilih pemula mengetahui semua infomasi pelaksanaan Pilkada Kota Bekasi 2024.

Pelaksana Pilkada dilakukan pada 27 November 2024 mendatang dengan memilih Walikota Bekasi dan Wakil Walikota Bekasi serta memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat.

Pada kegiatan itu juga disampaikan materi seputar Pilkada kepada para perwakilan OSIS dari SMA dan SMK di wilayah Bekasi Selatan, oleh para narasumber baik dari KPU, Bawaslu, Pemerintah kecamatan maupun Polsek Bekasi Selatan.

“Materi sederhana dan tidak berat-berat yang penting substansinya informasi pilkada diketahui dan terbangun kesadaran individu untuk mensukseskan Pilkada,” ungkap Ali.

Lebih lanjut Ali Syaifa kembali meminta para pemilih pemula, khususnya generasi Z di Kecamatan Bekasi Selatan untuk lebih peduli kepada masa depan bangsa diawali dengan partisipasi pada Pilkada Kota Bekasi 2024.

“Kepada pemilih pemula karena mereka anak-anak muda, harapan kami mereka calon pemimpin bangsa ke depan, kita awali dengan sama-sama memiliki kepedulian untuk mensukseskan agenda strategis nasional, strategis negara yaitu pilkada 2024,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolsek memberikan materi dengan para peserta yang berasal dari perwakilan OSIS SMA dan SMK yang ada di Bekasi Selatan, berkaitan dengan Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban (Harkamtibmas) jelang pelaksanaan Pilkada Kota Bekasi 2024. 

“Yang jelas bahwa saya selaku Kapolsek bertanggung jawab atas harkamtibmas di wilayah kami. Kami selaku pihak keamanan siap untuk menyongsong dan mengawal pelaksanaan pilkada 2024, khususnya di kecamatan Bekasi Selatan,”kata Kapolsek.

Secara teknis, Kapolsek juga menerangkan tugas dan fungsinya ketika pelaksanaan Pilkada 2024, dari mulai mengawal kotak suara dan surat suara dari PPK hingga ke PPS hingga distribusi ke TPS masing-masing sampai dengan mengirim kembali ke tingkat Kota. Personil dari TNI-POLRI akan ditempatkan secara ketat di lokasi tersebut.

“Yang perlu di garis bawahi, pelaksanaan ini dari mulai pergeseran kotak suara dan surat suara mari PPS bekerjasama dengan kami TNI-POLRI kenapa, kalau tidak bisa bekerjasama itu akan terjadi missed komunikasi, ingat, pelaksanaan memang dilakukan oleh PPS, tapi pengawasan dilakukan juga oleh masyarakat,” pungkasnya.

Selain itu, diharapkan para perwakilan OSIS, Kapolsek juga berpesan kepada para pelajar untuk tidak menyalahgunakan waktu libur para pelaksana Pilkada untuk hal yang negatif.

“Kita tahu bahwa hal-hal yang bisa menggangu pelaksana Pilkada ini pasti akan berhadapan terutama dengan kami, tetapi berkaitan teknis dengan pilkada, ada domainnya sendri yaitu Bawaslu,” imbuhnya. (Mam)

Leave A Reply

Your email address will not be published.