MAN 1 Pamekasan Adakan Program Ma’had Darussalam dan Kegiatan Ekstrakurikuler

PAMEKASAN Harnasnews – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pamekasan yang terletak di Jalan Lawangan Daya No 6, Kabupaten Pamekasan Madura, Jawa Timur, mengadakan program Ma’had Darussalam bagi siswa /siswi yang diasramakan untuk belajar ilmu agama dan bimbingan baca Alquran dan bimbingan kitab serta bimbingan tambahan mata pelajaran

Maimun selaku bidang Ma’had Darussalam MAN 1 Pamekasan pada wartawan Jumat (2/8/2024) mengatakan, program ma’had itu diawali dari bangun tidur sebelum subuh sekitar 30 menit atau paling akhir 10 menit sebelum subuh.

Dimana diawali dengan sholat tahajud sholat witir, sholat hajat dan dilanjutkan dengan sholat subuh berjamaah dan kegiatan mengaji Al-Qur’an, kegiatan mandiri, bersih-bersih dan makan pagi, mempersiapkan diri ke sekolah sebelum jam 7 pagi.

“Kemudian pulang sekolah sampai jam setengah 3, dan dilanjutkan persiapan untuk sholat ashar, dan kegiatan mandiri, ada yang mengikuti Ekstrakurikuler dan ada yang mengikuti kegiatan ma’had,” kata Maimun.

Kemudian, dilanjutkan sholat berjamaah Magrib, setelah itu kegiatan mandiri, dan dilanjutkan sholat berjamaah Isya, yang dilanjutkan bimbingan kitab dan kegiatan belajar mandiri hingga jam 10 malam baru tidur. Untuk kegiatan bersih-bersih olah raga dan senam

“Adapun suswa yang masuk Ma’had diperkirakan ada 100 ornag. Program ini ada setelah bapak No’man Afandi bertugas menjadi kepala sekolah di MAN 1 Pamekasan, Mulai tahun 2018, jadi yang di Ma’had-kan semakin banyak setiap tahunnya sekarang sudah tahun ke 5, jadi terkait keberadaan siswa / siswi jangan khawatir disini lengkap dari pihak ke keamanan dan pengawasan,” terangnya.

Sementara itu, Ina selaku guru bidang kesiswaan menambahkan, terkait program ekstrakurikuler, ada 20 ekstrakurikuler yang ada di MAN 1 Pamekasan, dan ada 4 ekstrakurikuler yang disewa diluar tidak bisa menyediakan di dalam karena masih belum ada. Namun kegiatannya tetap berjalan sesuai jadwal yang ditentukan bagi atlet yang masuk klub mengikuti jadwal klubnya.

“Jadi untuk melakukan kegiatan itu kita sewa diluar, diantaranya Futsal, basket, voli dan bulutangkis tapi meskipun latihannya diluar tetap berada dalam pengawasan pihak sekolah dan semua kebutuhan para atlet ini sekolah yang menanggung baik dari makan minum dan kebutuhan lain lainnya sekolah yang menanggung,” papar Ina selaku kesiswaan

“Alhamdulillah siswa yang berprestasi banyak, dari tingkat kabupaten, provinsi, dan ketingkat Nasional, dan kemarin futsal sempat viral mendapatkan juara 1 se-Madura sementara pelatihnya mengambil dari luar dan didampingi guru pembina dari dalam,” imbuhnya.

Pihaknya berharap bahwa MAN 1 Pamekasan tetap jadi sekolah favorit, sekolah yang semakin diminati, dan paling maju di Pamekasan. (Hasib)

Leave A Reply

Your email address will not be published.