40 Anggota DPRD Kabupaten Pringsewu Periode 2024-2029 Resmi Dilantik

PRINGSEWU, Harnasnews – Harnasnews – Sebanyak 40 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pringsewu periode 2024-2029 resmi dilantik dalam acara Rapat Paripurna yang digelar dengan khidmat. Pelantikan ini menjadi puncak dari seluruh rangkaian proses Pemilihan Umum yang berlangsung pada 14 Februari 2024. Para anggota DPRD yang terpilih kini resmi menduduki kursi legislatif untuk lima tahun ke depan. Senin 19-8-2024

Penjabat Bupati Pringsewu, Marindo Kurniawan, dalam pidato resminya mengucapkan selamat kepada para anggota DPRD yang baru dilantik. Dalam pidatonya, Marindo menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Indonesia yang telah berpartisipasi aktif dalam Pemilu 2024, yang menurutnya menunjukkan bahwa Indonesia adalah bangsa yang menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi. “Bangsa Indonesia telah berhasil melaksanakan 13 kali Pemilihan Umum secara tertib dan lancar,” ujarnya.

Dalam pidatonya, Marindo Kurniawan menekankan dua hal penting yang perlu menjadi perhatian bagi para anggota DPRD yang baru dilantik. Pertama, ia mengingatkan bahwa DPRD merupakan bagian integral dari Pemerintahan Daerah. Sebagai penyelenggara pemerintahan daerah, DPRD memiliki peran penting dalam mendukung pelaksanaan pemerintahan bersama kepala daerah. Kedua, meskipun anggota DPRD dipilih melalui partai politik, Marindo mengingatkan bahwa mereka harus mengedepankan kepentingan publik di atas kepentingan pribadi atau golongan. “Sebesar apapun kepentingan partai politik asal Saudara, hendaknya tempatkanlah kepentingan publik di atas kepentingan pribadi maupun golongan,” tegasnya.

Penjabat Bupati Pringsewu juga menekankan pentingnya sinergi antara DPRD dan kepala daerah. Hubungan kemitraan yang bersifat checks and balance sy antara DPRD dan kepala daerah, menurut Marindo, sangat penting untuk mengefektifkan penyelenggaraan pemerintahan daerah, terutama menjelang Pilkada Serentak 2024. Sinergi ini diharapkan dapat memperkuat kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah dalam mencapai tujuan nasional.

Di sisi lain, Ketua DPRD Pringsewu, Suherman, dalam sambutannya juga menekankan pentingnya peran DPRD dalam menyukseskan Pilkada Serentak 2024. Menurutnya, suksesnya Pilkada Serentak bukan hanya tanggung jawab penyelenggara, tetapi juga menjadi tanggung jawab bersama, termasuk DPRD yang memiliki peran penting dalam pengawasan. Suherman mengingatkan bahwa para anggota DPRD harus terus meningkatkan kompetensinya melalui berbagai pelatihan yang proporsional guna menunjang tugas-tugas legislatif, pengawasan, dan anggaran.

Selain mengucapkan selamat bekerja kepada para anggota DPRD yang baru dilantik, Suherman juga menyampaikan terima kasih kepada anggota DPRD periode 2019-2024 atas pengabdian dan jasa-jasa yang telah diberikan. “Pemerintah berharap anggota DPRD yang baru dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya hingga akhir masa jabatan nanti,” katanya.

Di akhir sambutannya, Suherman mengajak semua pihak untuk terus menjaga semangat kebersamaan dan komitmen dalam membangun bangsa dan negara. “Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan petunjuk, bimbingan, perlindungan, dan pertolongan kepada kita semua dalam upaya membangun bangsa dan negara yang kita cintai,” tutupnya.

Berikut daftar nama anggota DPRD Kabupaten Pringsewu masa jabatan 2024-2029 yang telah dilantik:
1. Anton Subagiyo, SH
2. Suryo Cahyono, SH
3. Suherman, SE
4. Leswanda Putra
5. Ir Joni Sapuan
6. Sudiyono, S.Kom
7. Bambang Sugeng Irianto, ST
8. H. Agus Irawan, SE
9. Asa Attorida El Hakim, SE, MM
10. Suyadi
11. Homsi Wastobir, ST
12. Nurul Ekhwan
13. Lusi Ariyanti, SH
14. Eka Nurmayanti
15. Bambang Kurniawan
16. Amproni, SE
17. Yuyun Oktavia
18. dr. Fersy Djaya Saputra
19. Mira Anita
20. Darmawan
21. Irsyad Fatoni, SH
22. Rusmanto
23. M. Triaksono
24. Rizal Agusty
25. Priyono
26. Gita Kurniawan P, SE, MM
27. Ahmad Hijar
28. Dedi Sutarno, S.Pd
29. Euis Della Putri, S.Ak
30. Najaruddin, SE
31. Hj. Mastuah, A.Md. Kep
32. Sefti Wahyuni
33. Hermawan, ST
34. Ediyanto
35. Tei Rahayu
36. Meifi Anindya Larasati
37. Ririn Puspitasari
38. Novian Hardi, SH. MH
39. Arif Bintoro, S.Sos., MM
40. Rini Anggraini, S.Pd

( Nur )

Leave A Reply

Your email address will not be published.