Alumni SMA Negeri 30 Jakarta Menggelar Jakarta Borders Ride Ke-4

JAKARTA, Harnasnews.com – Pesepeda alumni SMA Negeri 30 Jakarta menggelar Jakarta Borders Ride ke-4 (JBR2024) dengan melintasi batas luar Kota Jakarta. JBR 2024 sendiri adalah agenda rutin dari komunitas PEDALS30 yang diselenggarakan setiap tahun.

Mendukung gerakan langit biru Pemprov DKI, JBR 2024 didukung dan direkomendasikan oleh juga oleh Kemenparekraf & Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta, Basnaz (tim medis), dan B2W Indonesia.

“JBR merupakan agenda tahunan dari komunitas kami, yang telah memasuki tahun ke-4, yang mana tahun ini diikuti oleh kurang lebih 150 peserta dari berbagai komunitas maupun perorangan,” ungkap Ketua PEDALS 30 Ircham Muhammad, atau akrab disapa oleh para penggiat sepeda Jakarta. Minggu (25/08/24)

Iie mengatakan, “Dalam gelaran sepeda tersebut, para peserta diberikan peta digital oleh panitia, yang akan terlihat membentuk peta Jakarta dengan rute sepanjang lebih kurang 160km”.

“Setiap tahun, saya mengikuti kegiatan JBR untuk yang keempat kalinya, kata Ir.Alfa Tampubolon dari komunitas SSR ( Senior Saturday Ride) komunitas sepeda yang beranggotakan para pensiunan Kementerian PPUR.

Kegiatan JBR merupakan kegiatan bersepeda dalam upaya turut serta membantu pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mewujudkan program Langit Biru Jakarta, dan juga bertujuan untuk menggiatkan kegiatan bersepeda di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

JBR 4 Jadi Agenda Seru dan Menantang

JBR 2024 yang tahun ini diikuti oleh kurang lebih 150 peserta dari 30 komunitas sepeda se-Jabodetabek menjadi ajang bergengsi dan menantang bagi para penggiat pesepeda. Dalam pelaksanaannya panitia melepas para pesepeda saat start serta menyediakan tiga tempat persinggahan. Pemenang atau finisher yang tercepat dianggap layak dapat juara.

“Kegiatan ini sangat unik dan menantang bagi kami, permainan ini panitia Unsupported, kami berlomba dengan diri sendiri untuk dapat mencapai finish dengan waktu tercepat. Uniknya lagi pernah tahun lalu JBR 3, kami melintasi gang di jakarta timur, di tengah tengah orang hajatan,” kata Darmo atau lebih dikenal dengan panggilan mbah Darmo yang tahun ini juga baru saja menjadi finisher event Race Around Java 4000 km.

Dalam pelaksanaan Jakarta Borders Ride, banyak peserta yang mengatakan bahwa Jakarta ternyata indah. Dalam kegiatan tersebut para peserta mengikuti peta Jakarta yang telah diberikan oleh penyelenggara dengan jarak tempuh 165 km.

“Saya baru tahu, lahir dan besar di Jakarta, bahwa di jakarta selatan masih ada jembatan gantung, yang di bawahnya masih ada kali besar berbatu, yang menghubungkan, Tanjung Barat dan Cijantung,” ujar Indra dari dari komunitas Cemong.

“Memang penyelenggara selalu menampilkan sisi yang berbeda dari Jakarta, walaupun membentuk peta Jakarta, tetapi jalur yang dilewati selalu berbeda,” kata Bambang Sapto atau biasa disapa BenQ selaku ketua Pelaksana JBR 4 kali ini. (Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.