Aminurokhman Terus Gaungkan Empat Pilar Kebangsaan Dalam Menjaga Kebhinekaan Indonesia

BERITA

PROBOLINGGO, Harnasnews – Anggota DPR RI Partai Nasdem dari Dapil Jawa Timur II, H. Aminurokhman, S.E., M.M. kembali menggaungkan empat pilar kebangsaan melaluli sosialisasi yang dilaksanakan bagi masyarakat Kabupaten Probolinggo, pada Sabtu, 11 Mei 2024.

“Sosialisasi ini untuk menggaungkan kembali empat pilar kebangsaan agar masyarakat lebih mengerti dalam mengenai Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI,” tutur Aminurokhman.

Inti dari kegiatan sosialisasi sendiri memiliki maksud, untuk dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang berkehidupan berbangsa dan bernegara.

Aminurokhman menjelaskan, empat Pilar Kebangsaan terdiri dari Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, kemudian UUD 1945 sebagai konstitusi negara serta ketetapan MPR. Serta memaparkan NKRI sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan Negara.

Legislator Partai Nasdem besutan Surya Paloh menyampaikan, “tantangan  terbesar Negara Indonesia sekarang sebagai suatu bangsa terdiri dari dua faktor yaitu Internal dan juga Eksternal,” urainya.

Internal yang dimaksud bagaimana rakyat Indonesia masih perlu penguatan dalam penghayatan dan pengamalan agama serta munculnya pemahaman terhadap agama yang keliru dan sempit, selain itu pengabdian terhadap kepentingan daerah dan timbulnya fanatisme kedaerahan sehingga adanya pengkotak-kotakan.

Serta penghargaan atas kemajemukan dan kebhinekaan, keteladanan dalam sikap dan perilaku sebagai pemimpin dan tokoh bangsa serta tidak berjalannya penegakan hukum secara optimal.

Sementara faktor eksternal seperti pengaruh globalisasi kehidupan yang semakin meluas dan persaingan antar bangsa yang semakin tajam serta makin kuatnya intensitas intervensi kekuatan global dalam perumusan kebijakan nasional juga dapat menganggu kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Oleh karena itu saya mensosialisasi empat pilar kebangsaan karena dianggap mampu untuk merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia,” jelasnya.

Menurut mantan Walikota Pasuruan 2 Periode menyembutkan, yang harus dilakukan terkait tantangan tersebut bagaimana memperkuat ketahanan keluarga dengan kebersamaan agar tetap solid karena Indonesia memiliki kekayaan dan keberagaman bangsa.

“Negara ini punya banyak suku bangsa, bahasa, adat istiadat dan budaya, tetapi tetap satu yaitu Indonesia. Jadi berbanggalah menjadi warga Negara Indonesia,” tegas Aminurokhman.

Anggota DPR RI berharap dengan adanya penyampaian sosialisasi 4 pilar kebangsaan bagi masyarakat dapat memberikan wawasan dan pengetahuan dalam menjaga persatuan bangsa Indonesia serta berpesan agar sosialisasi 4 pilar yang disampaikan juga dapat meningkatkan kebersamaan sehingga berpengaruh pada perkembangan daerah tidak hanya di Kabupaten Probolinggo bahkan Indonesia secara umum.(Hid)

Leave A Reply

Your email address will not be published.