APDESI Bogor Gelar Konsolidasi Menuju Muscab 2024

BOGOR, Harnasnews – Assosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Bogor mengelar rapat konsolidasi, terkait persiapan menuju Musyawarah Cabang (Muscab) yang akan dilaksanakan pada 19 Juni 2024 mendatang.

“Secara prinsip rapat konsolidasi ini membahas terkait persiapan Muscab APDESI Kabupaten Bogor yang akan dilaksanakan pada tanggal 19 Juni 2024 mendatang untuk memilih kepengurusan baru,” kata Ketua Panitia Pra Muscab APDESI Kabupaten Bogor, Yudi Wahyudin usai kegiatan tersebut di Hotel Green Pesona, Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (23/5/2024).

Disamping itu, lanjut Yudi, acara tersebut juga sekaligus membahas terkait perpanjangan massa jabatan kades seiring adanya revisi Undang-undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa menjadi Undang-undang (UU) Nomor 6 Tahun 2023 dimana terdapat perubahan masa jabatan kades dari 6 tahun menjadi 8 tahun.

Oleh karena itu, kata Yudi, rencananya pada tanggal 30 Juni 2024 mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor akan memperbaharui SK perpanjangan masa jabatan kades yang seyogianya akan berakhir pada 2025 mendatang.

“Dengan aturan baru ini otomatis, masa jabatan kepala desa akan diperpanjang untuk dua tahu ke depan,” tegas Yudi yang juga Kepala Desa Pasirmuncang Caringin itu.

Sementara itu, terkait dengan masa transisi pengelolaan keuangan desa dari tunai menjadi non tunai, menurut dia, hal itu sangat positif untuk menekan potensi kebocoran dalam penggunaan keuangan desa tersebut.

“Kami sangat setuju dengan aturan baru ini. Justru dengan aturan baru ini kami para kepala desa lebih aman dan nyaman,” katanya. (Ded)

Leave A Reply

Your email address will not be published.