Bakesbangpol Kabupaten Bekasi Gelar Rakor Kesiapan Pilkada 2024, Target Partisipasi Pemilih 85%

Untuk mewujudkan itu, dijelaskannya, Bakesbangpol terus melakukan monitoring dan pendidikan kepada anak-anak sekolah yang besok akan menggunakan hak pilihnya.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah berlangsungnya Pilkada yang aman dan lancar, serta meningkatnya angka partisipasi pemilih. Selain itu, yakni tidak terjadinya konflik, dan pemerintahan tetap berjalan lancar.

Karena itu, pihaknya berharap adanya peningkatan keamanan melalui koordinasi dengan TNI – POLRI.

“Setelah kegiatan ini, kami ingin ada peningkatan partisipasi pemilih, dan bagaimana bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk memilih tanpa adanya politik uang.”

“Mari sama-sama memilih pemimpin yang baik, kita pergi ke TPS dengan riang gembira,” terangnya.

Ketua KPUD Kabupaten Bekasi, Ali Rido mengucapkan apresiasinya kepada Bakesbangpol yang telah melaksanakan kegiatan ini. “Bahwa dalam keterbatasan KPUD Kabupaten Bekasi, Bakesebangpol mengambil peran untuk aktif melakukan sosialisasi, sehingga kami sangat terbantu,” katanya.

Lebih jauh, dia mewanti-wanti para rekan-rekan PPK dan PPS, karena dalam waktu 3 bulan terakhir intensitas kerja lembaga-lembaga adhock tersebut akan semakin meningkat. Sebab pada tanggal 27-29 Agustus KPUD akan membuka pendaftaran (Cabup-Cawabup).

“Dari awal, persoalannya adalah perihal data pemilih. Tingkat partisipasi pada Pilkada 2017 adalah 62%. Sedangkan pada Pemilu 2024 sebesar 67%. Kalau saya, tetap tidak mau (angka partisipasi-red) ada di bawah 70%,” ujarnya.

Hal ini, ditegaskannya, menjadi pekerjaan besar, bukannya hanya KPUD dan unsur di bawahnya, melainkan semua pihak untuk turut serta mensosialisasikan Pilkada agar angka partisipasinya meningkat.

“Berdasarkan hasil Pleno pemutakhiran data oleh PPS dari 187 desa/kelurahan yang dilakukan Pantarlih, saat ini tercatat ada 2.258.378 data pemilih. Saya yakin, dengan kerjasama yang solid, target peningkatan partisipasi pemilih bisa dicapai,” pungkasnya. (Supri)

Leave A Reply

Your email address will not be published.