Bawaslu Kota Bekasi Petakan Kerawanan Pada Pemilu 2024

KOTA BEKASI, Harnasnews.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bekasi menggelar Launching Pemetaan Kerawanan Pemilu Serentak Tahun 2024 Kota Bekasi di Hotel Horison, pada Senin (12/08/24).

Pada kesempatan itu, dihadiri oleh jajaran stakeholder, mulai dari Pemerintah Kota Bekasi, Dandim 0507/Bekasi Kolonel Arm Rico Ricardo Sirait, Polres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Dani Hamdani, KPUD Kota Bekasi Ali Syaifa dan lainnya.

Koordinator Divisi Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Kota Bekasi, Choirunnisa Marzoeki memaparkan, Kota Bekasi sendiri memiliki empat dimensi kerawanan pada penyelenggaraan Pemilu.

“Yang pertama soal pelaksaan pemungutan suara. Kedua, soal tahapan kampanye. Ada juga terkait ajudikasi, karena setiap Pemilu, Kota Bekasi selalu ada gugatan. Dan terakhir, soal netralitas ASN dan otoritas penyelenggara,” ujar Choirunnisa kepada awak media.

Selain itu, berkaca pada pengalaman pelaksanaan Pemilu di tahun sebelumnya, Kota Bekasi selalu ada proses pemungutan suara lanjutan bahkan perhitungan suara ulang.

“Ada juga case kekurangan logistik yang akhirnya memang dilakukan pelaksanaan pemungutan suara kelanjutan,” imbuhnya.

Untuk itu kata dia, penting dilakukannya pemetaan kerawanan Pemilu Pilkada 2024 yang bertujuan untuk mengantisipasi dan mempersiapkan pencegahan pelaksanaan Pemilu sedini mungkin.

“Kami dari Bawaslu Kota Bekasi berharap, penyelenggara Pemilu bisa bekerja secara profesional dan independen. Pemerintahannya juga harus tidak boleh terlibat atau terafiliasi dengan partai politik, dan peserta Pemilu juga tidak berbuat curang serta taat aturan,” pungkasnya. (Mam)

Leave A Reply

Your email address will not be published.