BKSAP DPR Apresiasi Diplomasi Kemlu RI untuk Kemerdekaan Palestina

Sebelumnya, Menlu RI Retno Marsudi mendesak Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk mengerahkan segala upaya guna mewujudkan kesepakatan gencatan senjata sesegera mungkin antara Israel dan Palestina.

Dalam Pertemuan Luar Biasa para menlu OKI di Jeddah, Arab Saudi, Rabu (18/10), Retno Marsudi mendesak OKI mengirim pesan secara kuat dan memobilisasi dukungan internasional dalam mengatasi situasi konflik yang memburuk di Gaza.

“OKI harus mendesak Majelis Umum PBB untuk mengadakan emergency session,” kata Retno keterangannya, dilansir dari antara.

Selanjutnya, Indonesia meminta OKI mendesak semua pihak terkait untuk menciptakan koridor kemanusiaan di Gaza, serta memastikan hukum kemanusiaan internasional dihormati.

Indonesia juga meminta OKI mendesak kelanjutan proses perdamaian Israel dan Palestina guna mencapai solusi dua negara, sebagai satu-satunya jalan untuk mengatasi akar konflik. Retno menegaskan bahwa perdamaian abadi tidak akan tercapai tanpa terpenuhinya hak bangsa Palestina.

“Indonesia mengingatkan kembali bahwa OKI didirikan untuk membebaskan bangsa Palestina. Sekarang, waktunya bagi OKI untuk bertindak dan kita harus bertindak bersama-sama,” ujar Retno Marsudi. (sls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.