Bromo Marathon 2024 Akan Di Ikuti 1600 Peserta Dari 22 Negara

BERITA

PASURUAN, Harnasnews – Event Bromo Marathon yang ditunggu-tunggu para pelari marathon baik domestik maupun mancanegara, saat ini kembali digelar. Event tersebut akan digelar pada 1 September 2024 dan mengusung tema “Kasada” yang merupakan salah satu tradisi Suku Tengger Bromo.

Saat konferensi pers di gedung Maslahat, Iqbal perwakilan Pimpinan Bank Jatim Pusat menyampaikan bahwa Bromo Marathon banyak peminatnya dan banyak potensi positif.

“Bromo Marathon makin banyak peminatnya, itu suatu potensi baik dari sisi bisnis maupun dari sisi peningkatan pertumbuhan daerah. Sehingga harapan kami, kegiatan ini bisa berjalan dengan sukses dan diminati oleh masyarakat,” ucap Iqbal pada Kamis (22/8/2024).

Sementara itu, Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pasuruan Yudha Triwidya Sasongko mendukung penuh event Bromo Marathon 2024.

“Bromo Marathon ini digelar untuk ke sebelas kalinya, terkait dengan hal-hal yang sifatnya penunjang, kami Pemerintah Daerah akan siap koordinasi dengan panitia. Terkait dengan dukungan, baik tim kesehatan maupun yang lain kami persiapkan. Sehingga nanti pelaksanaan bisa berjalan dengan baik dan lancar, kemudian yang berikutnya harapan kita nanti di event ini juga memberikan multiplayer efek untuk Masyarakat Tosari khususnya,” tutur Yudha.

Senada, Kepala Bakorwil Jatim III Malang Provinsi Jawa Timur, Asep Kusnandar juga menegaskan bahwa pemerintah akan hadir dan mensuport kegiatan tersebut.

“Kami support event Bromo Marathon, selain meningkatkan kesehatan namun dalam event ini juga dilakukan untuk meningkatkan budaya dan ekonomi,” katanya.

Sementara Founder Bromo marathon, Dedi Kurniawan menjelaskan bahwa Bromo Marathon diawali tahun 2013 dan sekarang kesebelas kalinya digelar. Serta ada peningkatan peserta dari tahun kemarin.

“Di tahun ini ada peningkatannya, tahun kemarin terdapat 1300 peserta yang berasal dari 20 Negara, sedangkan untuk sekarang ada 1600 dari 22 Negara, awalnya kita pingin membuka sampai di 2000 peserta tetapi pada kenyataannya kenapa kita tutup, alasannya tidak lain adalah karena keterbatasan guest house homestay atau hunian untuk para peserta,” jelas Dedi.

Pada event Bromo Marathon 2024 yang bertemakan Kasada, akan ada 5 kategori lomba, yaitu 2,5K kids category, 5K course, 10K course, 21K half marathon, dan 42K full marathon.

“Saya sendiri sangat berterima kasih atas suport dari Bank Jatim. Karena selama 2 tahun event Bromo Marathon kemaren, Bank Jatim ikut berperan dan mendukung event ini,” ungkapnya.(Hid)

Leave A Reply

Your email address will not be published.