Bukan Sekadar Juara, Lomba Kampung Bersih Diharapkan Membangun Kesadaran Hidup Sehat

 

BEKASI, Harnasnews – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bekasi kembali menyelenggarakan Lomba Kampung Bersih Makin Berani Tahun 2024. Acara pembukaan lomba ini dijadwalkan pada 26-27 Juli 2024, sementara proses penilaian akan berlangsung pada 2-12 Agustus 2024.

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan, Pemkab Bekasi terlebih dahulu melaksanakan sosialisasi lomba kepada ketua RT/RW di 23 kecamatan. Kali ini, giliran Kecamatan Tambun Selatan yang menjadi lokasi sosialisasi, setelah sebelumnya dilakukan di beberapa kecamatan lain seperti Cikarang Timur, Sukawangi, Tambelang, Cibitung, Tambun Utara, dan Cikarang Barat.

Pj. Bupati Bekasi H. Dani Ramdan menegaskan bahwa lomba ini bukan sekadar ajang meraih gelar juara, melainkan upaya membangun kesadaran masyarakat dalam berperilaku hidup sehat.

“Melalui lomba ini diharapkan kita bisa menciptakan kebiasaan hidup bersih dan sehat di tengah masyarakat,” ujar Dani di hadapan para ketua RT/RW se-Tambun Selatan, di GOR Tambun, Kp. Kebon Kelapa, Desa Tambun, Kecamatan Tambun Selatan, Kamis (18/7) malam.

Menurut Dani, predikat juara dan hadiah yang akan diraih nantinya hanya sebagai stimulus bagi perangkat RT agar mampu memberikan informasi kepada masyarakat tentang penerapan pola hidup bersih di lingkungannya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi, Sukmawati, menjelaskan tiga tujuan utama diselenggarakannya Lomba Kampung Bersih ini.

“Pertama, untuk menyemarakkan peringatan Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-74 dan HUT RI ke-79 Tahun 2024. Kedua, menggiatkan gotong royong. Terakhir, menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat,” jelasnya.

Sukmawati juga memaparkan kriteria penilaian lomba, yang meliputi intensitas dan jumlah masyarakat yang ikut gotong royong, tersedianya tempat pengelolaan sampah, serta intensitas publikasi kegiatan.

“Semakin banyak warga yang terlibat akan semakin baik. Untuk pengelolaan sampah, misalnya adanya tong sampah di setiap rumah. Lebih baik lagi jika warga pernah melaksanakan komposting atau bank sampah,” tambahnya.

Terkait publikasi, Sukmawati menekankan pentingnya hal tersebut agar warga tahu ada kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan. “Publikasi bisa dilakukan lewat media sosial Instagram, dengan mentag akun @pakpejedani @dlhkabupatenbekasi dan @pemkabekasi,” terangnya.

Camat Tambun Selatan, Sopian Hadi, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran unsur RT/RW pada acara sosialisasi ini. Ia berharap kegiatan bersih-bersih lingkungan tidak hanya dilakukan karena ada lomba.

“Harapan saya adalah jangan hanya karena ada lomba kita bebersih. Tetapi ini (bebersih lingkungan) harus dijadikan kebiasaan bagi semua. Tidak hanya RT/RW, tetapi semuanya terlibat dalam mensukseskan kebersihan di lingkungan kita,” pungkasnya.

Dengan adanya Lomba Kampung Bersih ini, Pemkab Bekasi berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan pola hidup sehat secara berkelanjutan. (Supri)

Leave A Reply

Your email address will not be published.