Distan Sumbawa Tuntaskan Pengadaan Bibit Bawang

SUMBAWA, Harnasnews – Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa Sukiman ST menyatakan bahwa pengadaan bibit bawang merah program Upland 2024 yang dipercayakan penanganannya kepada CV.Jaya Dian Riezki asal Tegal Jawa Tengah (E-Catalog).

Sebanyak 262 ton, dengan nilai kontrak sekitar Rp 10 Miliar, yang diperuntukkan bagi pengembangan lahan bawang merah seluas 262 Ha, optimis akan dapat dituntaskan pengadaannya hingga akhir Mei 2024 ini.

Dijelaskan, pengadaan bibit bawang merah
Upland 2024 sebanyak 262 ton tersebut terdiri dari berlabel biru seluas 253 Ha dan label ungu seluas 9 Hektar, diperuntukkan bagi 34 Kelompok Tani se Kabupaten Sumbawa.

Hingga saat ini sudah 32 Kelompok Tani (Keptan) yang telah menerima bibitnya dengan baik, sedangkan 2 Keptan lainnya di Kecamatan Lopok akan dituntaskan dropping bibitnya pada Rabu 29 Mei 2024.

Menurut dia, dropping penyaluran bibit bawang merah tersebut telah dilakukan CV.JDR sejak 28 Maret 2024 dan langsung diantar dan diserahkan di lokasi penerima manfaat kelompok tani yang hingga kini mencapai 249 ton (95%) dengan sisanya 13 ton tengah dalam perjalanan menuju Sumbawa.

Dimana sebelum benihnya diterima terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan intensif oleh petugas teknis Pengawas Benih Tanaman dari Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB) Provinsi NTB serta dihadiri dan disaksikan Tim APH (Kejaksaan, Kepolisian dan Inspektorat).

“Kami sangat optimis sebelum masa kontrak berakhir 3 Juni 2024 seluruh proses pengadaannya dapat dituntaskan dengan baik sesuai rencana,” papar PPK Sukiman.(Herman)

Leave A Reply

Your email address will not be published.