DLH Bogor Ajak Masyarakat Kelola Sampah Secara Mandiri

BOGOR, Harnasnews – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor mengajak masyarakat agar lebih pro aktif menjaga lingkungan dengan mengelola sampah secara mandiri.

“Kami mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Bogor agar terus peduli dan aktif menjaga lingkungan dengan cara pengurangan sampah dari sumber,” jelas Sub Koordinator Penanganan Sampah DLH Kabupaten Bogor, Acep Syihabudin kepada harnasnews.com saat menggelar penanganan sampah dengan teknologi di Megamendung, Rabu (28/2/2024).

Kata Acep, untuk menjaga lingkungan yang bersih pihaknya mengajak masyarakat dimulai dengan memilah jenis sampah organik dan non organik, lalu memilah sampah ekonomis dan residu dari sumber.

“Dengan cara ini sampah dari rumah agar dapat dimanfaatkan kembali serta memiliki nilai ekonomis. Dan ini dapat dijadikan kebiasaan masyarakat sebagai bentuk menjaga lingkungan, maka mulailah dari diri sendiri,” ajak Acep.

Menurut dia, konsep ini merupakan wujud sinergi dan kolaborasi yang positif dari unsur masyarakat dengan DLH. Bahkan pihaknya pun masih terus menjalankan program program pengurangan, pengelolaan hingga penanganan sampah guna menekan tingginya volume residu sampah.

‘”Program penangan sampah yang masih dan terus berjalan yakni, 3R, Bank Sampah, Budidaya Manggot untuk mengurangi sampah organik hingga program Kampung Ramah Lingkungan (KRL). Semua program itu untuk menekan volume residu yang telah mencapai 2.900 ton perhari ke TPA Galuga,” pungkas Acep. (Ded)

Leave A Reply

Your email address will not be published.