Edukasi Dan Melestarikan Budaya Melalui Pagelaran Giri Persinggahan

BERITA

PASURUAN, Harnasnews – Pagelaran Giri Persinggahan yang mencakup pameran Seni Rupa, pertunjukan Tari, pertunjukan Tearter, pertunjukan Musik, dan edukasi alam oleh Komunitas Banyu Netes Tretes Art, pada hari Kamis (01/07/2024).

Pagelaran tahunan tersebut dilaksanakan di Cafe Lali Djiwo, Kecamatan Prigen. Dalam pembukaan acara ini juga di adakan pemotongan tumpeng guna, mengucapkan rasa syukur supaya diberikan kelancaran untuk kegiatan pagelaran tahunan ini.

Kegiatan Pagelaran Giri Persinggahan akan dilaksanakan selama 7 hari berturut-turut. Hari pertama pembukaan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada masyarakat, serta memperkenalkan dan menumbuhkan rasa cinta terhadap edukasi alam.

Menurut Ketua Panitia, Kanip menyampaikan bahwa tema Giri Pesinggahan memiliki arti yang bertujuan untuk menampung seluruh kesenian dan kebudayaan. Kegiatan sendiri dilaksanakan sebagai edukasi untuk masyarakat terutama Siswa Siswi dari SD, SMP, SMA.

“Kita mengambil tema Kami Membangun Dan Kami Bersinggah, yang dalam acara untuk melestarikan budaya juga membangun kreatifitas yang ada, dengan adanya Pagelaran seperti ini. Supaya masyarakat tahu dan peduli terhadap nilai-nilai budaya,” ucap Kanip.

Acara yang akan berlangsung selam tujuh hari, yang dimulai dari 1 sampai dengan 7Agustus. Akan menyajikan berbagai seni, dari seni lukis, seni rupa, pertunjukan, musik serta ditampikan beberapa kesenian budaya yang ada.

“Kami berharap mereka dapat memahami dan mencintai budaya melalui acara yang berlangsung ini, serta kami juga ingin memberikan edukasi tentang pentingnya budaya yang ada. Tak lupa kami ingin mengembangkan bakat seni dari generasi penerus,” ungkap Kanip.

Adapun rangkaian Acara dalam Pagelaran Giri Persinggahan meliputi:

– Kamis, 1 Agustus 2024: Acara dibuka dengan Opening Ceremony yang mencakup ritual pembukaan, pentas bantengan dan reog, penampilan musik, serta bincang seni.

– Jumat, 2 Agustus 2024: Pameran seni rupa dilanjutkan dengan edukasi alam, workshop seni, pentas tari, dan bincang seni.

– Sabtu, 3 Agustus 2024: Menawarkan pameran seni rupa, workshop edukasi pelestarian lingkungan, pentas tari dan teater, serta diskusi karya dan sarasehan.

– Minggu, 4 Agustus 2024: Fitur pameran seni rupa dan workshop tosan aji.

– Senin, 5 Agustus 2024: Pameran seni rupa dengan penampilan musik performance.

– Selasa, 6 Agustus 2024: Pameran seni rupa diiringi kegiatan opsional.

– Rabu, 7 Agustus 2024: Menutup acara dengan Pameran seni rupa dan Closing Ceremony.

Perlu diketahui bahwasannya pagelaran Giri Persinggahan todak dipungut biaya (gratis), serta kegiatan tersebut berkolaborasi dengan Pemerintah setempat, juga Dinas Pendidikan Kab. Pasuruan.(Hid)

Leave A Reply

Your email address will not be published.