FK3I Kritisi Penanganan Korban Gempa Bandung

Terpisah, sebelumnya, dilaporkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat mengklaim tim reaksi cepat telah melakukan assesment. Dampak dari gempa itu terpantau terjadi di Desa Tarumajaya, Cihawuk, dan Cibeureum (Kecamatan Kertasari), Desa Margamukti (Kecamatan Pangalengan), Desa Cikawao (Kecamatan Pacet); Desa Pinggirsari (Kecamatan Arjasari); dan Desa Bojongmanggu (Kecamatan Pameungpeuk) di Kabupaten Bandung.

Kemudian Desa Barusari, Pasirwangi, Sarimukti, dan Talaga (Kecamatan Pasirwangi), Desa Sirnajaya (Kecamatan Tarogong Kaler), dan Desa Mekarjaya (Kecamatan Sukaresmi) di Kabupaten Garut. Gempa ini menyebabkan sebanyak delapan rumah, dua fasilitas kesehatan, dua bangunan fasilitas umum, satu sarana pendidikan, dan satu tempat ibadah di Kabupaten Bandung mengalami kerusakan. Sementara di Kabupaten Garut, tujuh rumah dan satu sarana pendidikan rusak.

Kasi Kedaruratan Pusdalops BPBD Jabar Hadi Rahmat mengatakan saat ini pihaknya bersama BPBD kabupaten/kota terkait, masih terus melakukan asesmen mengenai jumlah korban dan bangunan yang rusak akibat gempa bumi berkekuatan 5.0 magnitudo pada pukul 09.41 WIB tersebut.

Sementara, Kementerian Sosial telah menyalurkan berbagai bantuan, mulai dari tenda pengungsian, dapur umum serta makanan dan logistik bagi korban terdampak gempa bumi di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Dalam rilis yang disiarkan oleh pihaknya di Jakarta, Kamis, Kementerian Sosial melalui Sentra Abiyoso Cimahi dan Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) dengan lekas melakukan respon tanggap darurat dan penyaluran bantuan kepada penyintas gempa.

“Bantuan mulai disalurkan sejak Rabu sore,” kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha Sentra Abiyoso Ema Salwa.

Bantuan yang diberikan berupa tenda serbaguna 4 unit, tenda keluarga portabel 71 unit, terpal 40 lembar, kasur 230 lembar, makanan siap saji 80 paket, makanan anak 100 paket, selimut 370 lembar, family kit 290 paket, kids wear 290 paket, dan instalasi solar cell sebagai penerangan sebanyak 2 unit. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.