Gelar KLT 2024, Kapemasi Siapkan Kader Jadi Pemimpin Masa Depan Bekasi

BEKASI, Harnasnews – Keluarga Pelajar & Mahasiswa Bekasi (Kapemasi) Bandung berhasil menyelenggarakan kegiatan strategis bertajuk Kapemasi Leadership Training (KLT) 2024. Acara ini digelar pada 22-25 Agustus 2024 di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Bekasi.

Kegiatan ini mengusung tema “Revitalisasi peran kader Kapemasi Bandung dalam mengemban amanat pengabdian bagi kemakmuran dan kesejahteraan Bekasi di masa depan”.

Ketua Umum Kapemasi, Reza Nurdiana Sugiant menjelaskan bahwa KLT merupakan gagasan revolusioner dalam tubuh internal Kapemasi Bandung untuk membaca situasi pembangunan sumber daya manusia di wilayah Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi.

“KLT 2024 ini bertujuan guna merevitalisasi dan merekonstruksi peran kader Kapemasi Bandung dalam upaya melahirkan calon pemimpin Bekasi di masa mendatang,” ujar Reza kepada awak media, Minggu (25/8/2024).

Menurut Reza, KLT adalah bagian dari sejarah untuk menciptakan sumber daya manusia yang berintegritas, terutama kader Kapemasi. “Dalam KLT, dialetika pemikiran dibangun dengan progressif agar adanya peningkatan kader kapemasi untuk siap memberikan kontribusi kepada daerah yakni Kabupaten atau Kota Bekasi,” tuturnya.

Ketua pelaksana KLT 2024, Fekis Bagas Pradana, menjelaskan bahwa kegiatan ini menjadi manuver dan terobosan untuk meningkatkan kapasitas kader Kapemasi. Dia berharap pelatihan ini akan melahirkan putra-putri daerah terbaik yang mampu memberikan manfaat bagi masyarakat di masa depan.

Fekis juga memaparkan rangkaian acara yang dilaksanakan. Dia menjelaskan, kegiatan dibuka pada Kamis (22/8/2024) dengan screening peserta KLT untuk memastikan kemantapan pemahaman berpikir para calon peserta. Materi wajib yang ditetapkan pada forum inti KLT ini sarat akan urgensi Kapemasi Bandung dalam menjawab tantangan zaman.

“Sejarah Bekasi, Paradigma Birokrasi, RPJMD & RPJPD, konstruksi pembangunan sosial masyarakat, dan geopolitik kebekasian disajikan sebagai materi utama forum KLT 2024,” ujarnya.

Dia menambahkan bahwa materi-materi tersebut disampaikan secara komprehensif oleh para pemateri yang notabene adalah alumni Kapemasi Bandung yang kompeten dan ahli sesuai materi terkait.

Pada materi paradigma birokrasi, kader Kapemasi diberikan gambaran bagaimana sistem kepemerintahan dalam ruang lingkup kota/kabupaten bekerja. Implementasi tata cara kerja pemerintah dan jajaran birokrasi daerah memberikan pemahaman kepada para peserta bahwa sinergitas antara kepemerintahan dan kemasyarakatan mutlak merupakan kesinambungan dan urgensi utama.

“Kapemasi Bandung juga mendapat gambaran teraktual dalam situasi geopolitik Bekasi terkini sebagai bahan refleksi pemahaman politik pada materi geopolitik Bekasi,” jelasnya.

Sebagai penutup kegiatan, KLT 2024 diakhiri pada hari Minggu (25/8/2024) dengan sambutan dari Camat Tambun Utara, Najmuddin. Dalam sambutannya, dia menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap semangat muda dan ghirah perjuangan Kapemasi Bandung.

“Saya sangat mengapresiasi dedikasi Kapemasi Bandung dalam mendharma baktikan peran mereka bagi kemaslahatan dan kejayaan Bekasi di masa depan,” tutup Najmuddin. (Supri)

Leave A Reply

Your email address will not be published.