Jalin Kerja Sama dengan PKB, PDIP Bakal Usung Anies di Pilkada Jakarta

JAKARTA, Harnasnews – Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ahmad Basarah mengaku bahwa partainya tengah menjalin kerja sama dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk mengusung Anies Baswedan pada Pilkada Jakarta.

“Kemungkinan kita akan melakukan kerja sama politik masuk di dalam pilkada Jakarta, kalau kemungkinan PKB ya Pak Anies Baswedan sebagai calon gubernur DKI Jakarta,” ujarnya di Kantor DPP PKB Jakarta, Senin (10/6/2024).

Namun, nama Anies Baswedan bukan diusung langsung oleh PDIP, melainkan dari tandemnya yakni PKB.

“Maka ketika kerja sama kami dengan PKB direalisasi dalam Pilkada Jakarta, sangat mungkin pembicaraan mengenai kerja sama politik mengenai calon yang diusung dari PKB, dalam hal ini Pak Anies Baswedan,” lanjut dia.

Menurut dia, saat ini PDI-Perjuangan membutuhkan kerja sama politik dengan partai-partai politik lain. “Tentu dalam mengusung kepala dan wakil kepala daerah harus ada kerja sama partai politiknya,” jelasnya.

Meski demikian, belum ada keputusan final dari wacana tersebut. Partai masih mempertimbangkan banyak faktor, mulai dari peluang maupun elektabilitasnya.

“Tahapan pembicaraan pembahasan mengenai pilkada DKI Jakarta, dan saya kira pilkada di tempat lainnya, masih proses pengerucutan belum sampai kesimpulan apalagi keputusan,” ujar Ahmad Basarah.

Sebelumnya, dikutip dari CNNIndonesia, Ketua DPP PDIP Puan Maharani juga menyebut nama Anies cukup menarik untuk diusung Pilgub DKI Jakarta.

“Menarik juga Pak Anies,” kata Puan di kompleks parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (4/6/2024).

Anies Baswedan balik memuji PDIP soal peluang Pilgub Jakarta 2024. Menurutnya partai tersebut menarik, namun tetap melihat situasi terlebih dahulu.

“PDIP juga menarik, jadi sambil kita lihat hari-hari ini, mudah-mudahan sampai pada kesimpulan,” kata Anies.**

Leave A Reply

Your email address will not be published.