Jelang Pilkada, PKD di Cikarang Barat dan Tambun Selatan Resmi Dilantik

BEKASI, Harnasnews – Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) se-Kecamatan Cikarang Barat dan Tambun Selatan resmi dilantik pada Sabtu (1/6/2024) jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024.

Di wilayah Kecamatan Cikarang Barat, pelantikan digelar di Aula Kecamatan setempat yang diikuti oleh 11 PKD dari 10 desa dan satu kelurahan.

Sementara itu, pelantikan PKD di Kecamatan Tambun Selatan turut berlangsung di Aula Kecamatan Tambun Selatan dengan menghadirkan 10 orang PKD.

“Kegiatan hari ini, kami Panwascam melakukan pelantikan pengawas kelurahan desa dan dilanjutkan dengan bimbingan teknis,” ujar Komisioner Panwascam Cikarang Barat, Reza Nurdiana Sugiant.

Reza menjelaskan, PKD diharapkan menjalankan tugas, pokok, dan fungsinya sesuai dengan kewajiban. Menurutnya, Pilkada kali ini memiliki landasan khusus yang membedakannya dengan pemilihan umum.

“Kita harus mereview catatan khusus saat pemilu di Cikarang Barat. Teman-teman PKD harus bisa membawa dirinya sebagai pengawas yang berintegritas. Apabila ada pelanggaran, PKD harus membuat laporan,” tegas Reza.

Lebih lanjut, dia menegaskan bahwa di beberapa desa terdapat potensi pelanggaran. Oleh karena itu, pemetaan atau mapping dalam kegiatan pengawasan harus dilakukan.

“Isu Pilkada juga sangat kental di masyarakat, sehingga tarikannya justru luar biasa di Pilkada daripada di pemilu,” ungkapnya. “Makanya kami sebagai Panwascam menegaskan ke PKD agar tertib, berkoordinasi dengan baik, tahu tugas, fungsi, dan kewajibannya,” tambah Reza.

Terpisah, Ketua Panwascam Tambun Selatan, Ardi Abdul Kusuma berharap para PKD mampu menjalankan tugasnya secara profesional, menaati aturan, dan selalu menjalin koordinasi dengan Panwascam.

“Dengan telah resminya PKD dilantik hari ini, saya meminta untuk tetap solid melakukan koordinasi demi suksesnya Pilkada Serentak 2024,” ujar Ardi.

Mengenai formasi PKD kali ini, Ardi menjelaskan terdiri dari 2 perempuan dan 8 laki-laki. “Setelah pendaftaran dibuka, dari kesepuluh orang PKD, 4 di antaranya merupakan wajah-wajah baru,” terangnya. Sementara 6 petugas lainnya adalah mereka yang sebelumnya menjadi Panwaslu pada Pemilu Februari 2024 lalu.

Camat Tambun Selatan, Sopian Hadi menyambut baik pelantikan para PKD tersebut yang dinilai menjadi bagian penting pengawasan Pilkada Serentak 2024. “Kesuksesan Pilkada menjadi tanggung jawab kita semua, terutama PKD yang baru dilantik,” ucapnya.

Sopian mengingatkan agar PKD menjalankan tugas sesuai aturan. Pasalnya, persaingan di Pilkada akan sangat ketat dan tajam.
“Kami harap setiap masalah diteliti untuk kemudian berkoordinasi dengan Panwascam. Ingat, kalian (PKD) ibarat wasit di lapangan yang tidak memihak,” tegasnya.

Menurutnya, hal itu penting menjaga kondusifitas Tambun Selatan. “Kondusifnya Tambun Selatan pada Pemilu adalah pencapaian yang harus dipertahankan, bahkan ditingkatkan saat Pilkada,” imbuh Sopian. (Supri)

Leave A Reply

Your email address will not be published.