Kabinet Prabowo Akomodasi Kepentingan Jokowi

JAKARTA, Harnasnews – Joko Widodo dinilai memiliki andil yang cukup besar dalam kemenangan Prabowo-Gibran pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Sehingga sangat wajar bila komposisi kabinet masih didominasi oleh orang-orang Jokowi.

Direktur Eksekutif Politik Nusantara Sejahtera (PNS) Noor Fatah menilai Kabinet Prabowo-Gibran lebih mengakomodasi kepentingan partai politik pengusung maupun partai pendukung. bahkan outsidernya.

“Dengan demikian, Kabinet Prabowo-Gibran diharapkan dapat mengakomodasi kepentingan politik.
Sehingga, target menuju Indonesia emas dg Zaken Kabinet yang dibentuknya dapat memaduserasikan antara representasi politik dan kabinet ahli,” ujar Fatah kepada Mediakarya, Senin (21/10/2024).

Namun demikian, jika melihat komposisi Kabinet Prabowo-Gibran sebagaimana yang telah dirilis di beberapa media, Fatah menilai postur pemerintahan Prabowo banyak mengakomodasi kepentingan Jokowi

“Banyak wajah lama yang memang orang-orang Jokowi kembali menduduki Kabinet Prabowo-Gibran. Jadi dengan komposisi kabinet saat ini kian menguatkan bahwa investasi politik Jokowi pada Pilpres 2024 lalu cukup besar,” ungkapnya.

“Wajar saja jika kabinet saat ini lebih cenderung politik balas budi,” tambahnya.

Padahal publik dan pelaku pasar menanti jajaran kabinet yang dapat memberi harapan kepada pertumbuhan iklim ekonomi maupun politik yang lebih baik.

“Namun jika melihat komposisi Kabinet Prabowo-Gibran, masyarakat tak banyak berharap. Artinya ini sama dengan pemerintahan sebelumnya,” ucap mantan aktivis 98 ini.

Namun, Fatah berharap pemerintahan Prabowo-Gibran dapat memperbaiki kondisi bangsa ini agar lebih baik, meski sangat kecil ada perubahannya.

“Saya ucapkan selamat atas dilantiknya Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI masa bakti 2024-2029, semoga sukses selalu,” pungkasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.