Kehadiran IA Pada Era Digital 4.0

KOTA BEKASI, Harnasnews.com – Pergeseran era tekhnologi semakin berkembang pesat. Para penyedia layanan telekomunikasi juga melakukan inovasi dan perkembangan mengikuti era digital 4.0 untuk bersaing di pasar global.

Minat masyarakat juga semakin tinggi dengan kebutuhan telekomunikasi yang maju, salah satunya tekhnologi AI (Artificial Intellegence) yang saat ini menjadi minat paling tinggi pada beberapa kebutuhan.

Salah satu cara terpenting AI digunakan dalam industri telekomunikasi adalah untuk meningkatkan kinerja jaringan. Tekhnologi ini dapat digunakan untuk menganalisis data dari sensor jaringan untuk mengidentifikasi potensi masalah sebelum terjadi.

Steve Saerang, selaku SVP-Head Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison menuturkan bahwa sebagai perusahaan telekomunikasi digital yang paling dipilih, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) berkomitmen menghadirkan pengalaman mengesankan (marvelous experience) bagi pelanggan di seluruh Indonesia.

“Hingga paruh pertama tahun 2024, Indosat Circle Jakarta Raya (Jaya) yang mencakup wilayah Jabodetabek, Banten, Karawang, dan Sukabumi, telah memberikan pelayanan kelas dunia kepada lebih dari 25 juta pelanggan. Hal ini diperkuat hampir 45.000 BTS yang tersebar di 186 kecamatan,” ujar.

Sejalan dengan misi untuk menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia melalui digitalisasi dan teknologi termasuk kecerdasan buatan (AI), Indosat memperkirakan peningkatan produktivitas tenaga kerja hingga 3,5%, berkontribusi pada pertumbuhan PDB Indonesia hingga 6,9% per tahun.

Transformasi dari perusahaan telekomunikasi tradisional menjadi AI Native TechCo menjadikan AI bagian integral dalam operasional serta membuka peluang baru.

“Untuk mendukung hal ini, Indosat telah menjalin kemitraan strategis dengan NVIDIA untuk menyediakan layanan GPU Cloud berdaulat pertama di Indonesia dan meresmikan AI Experience Center di Solo Technopark, yang menjadi pusat pelatihan dan aplikasi teknologi AI,” imbuhnya.

Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat, IDX: ISAT) memiliki visi untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang paling dipilih di Indonesia. Bersama anak usaha dan afiliasinya, Indosat menghadirkan layanan seluler, solusi TIK, data center, Fiber to the Home (FTTH), layanan pembayaran elektronik, layanan finansial dan layanan digital lainnya.

“Indosat memiliki tujuan yang lebih besar yaitu memberdayakan Indonesia, dan dengan semangat gotong royong, Indosat ingin menjadi kolaborator utama dalam mewujudkannya serta menciptakan perubahan yang berarti,”pungkasnya. (Mam)

Leave A Reply

Your email address will not be published.