Kelurahan Pekayon Jaya Salurkan Bantuan Untuk Stunting Di Wilayahnya

KOTA BEKASI, Harnasnews.com – Stunting merupakan permasalahan yang saat ini terus ditekan oleh Pemerintah Pusat. Salah satu upayanya juga dilakukan tingkat kota sampai dengan tingkat kelurahan. Seperti yang terlihat di kelurahan Pekayon Jaya, Bekasi Selatan pada Kamis (19/09/24).

Lurah Pekayon Jaya, Encup Supratman melalui Kasi Kesos Dina Mardianti menjelaskan bahwa di wilayahnya saat ini ada sekitar 77 warganya yang dalam pemantauan stunting.

“Jadi kalau stunting itu berubah-berubah, jadi tergantung, jadi setiap bulan kan posyandu menimbang, jadi misalkan anak itu stunting lalu diberi makan tambahan yang bergizi maka berat badan bertambah lagi beberapa bulan sudah normal lagi, jadi sudah bukan dikategorikan stunting,” ungkap Dina.

Pihak kelurahan Pekayon Jaya, dalam mendukung program pemerintah Zero Stunting dengan terus melakukan pemantauan sebagai kepanjangan tangan dari pemerintah Kota.

“Kalau kita sebagai pelaksana, tidak punya anggaran dan hanya kepanjangan tangan dari dinas-dinas, jadi kalau dinas ada program itu, maka kita salurkan lalu dan mungkin kalau yang rutin sih melalui posyandu, jadi sebulan sekali ada kader yang memantau secara rutin balita-balita terkait berat badannya, tinggi badannya,” imbuhnya.

Sekedar informasi bahwa dalam program Zero Stunting, Pemerintah Kota Bekasi juga berkerjasama dengan dinas terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Kominfo, dan Departemen Agama, sebagai salah satu upayanya.

Stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang. Stunting ditandai dengan panjang atau tinggi badan anak yang berada di bawah standar yang ditetapkan oleh menteri kesehatan.

Pemerintah Pusat sendiri mentargetkan prevalensi stunting turun hingga 14% pada tahun 2024. (Mam)

Leave A Reply

Your email address will not be published.