Kemenhub Hadirkan Layanan Angkutan Mendorong Konektivitas di KSPN

Lebih lanjut, Risyapudin menuturkan bahwa masih terdapat wilayah pariwisata yang dilayani oleh satu trayek angkutan KSPN di antaranya KSPN Labuan Bajo dan KSPN Wakatobi.

“Layanan ini tentu akan dikaji dan dievaluasi terus. Apabila ada permintaan yang banyak, kami akan mengupayakan adanya penambahan trayek atau armada,” katanya lagi.

Risyapudin menerangkan bahwa dengan hadirnya layanan ini diharapkan dapat membuat para wisatawan dapat menjangkau kawasan-kawasan pariwisata prioritas dengan mudah, aman, nyaman, dan terintegrasi.

Pada tahun ini, Ditjen Perhubungan Darat memberikan subsidi angkutan KSPN sebesar Rp32 miliar. Hingga Agustus 2024 telah melayani 133.811 orang penumpang dengan rata-rata penumpang 22.301 orang per bulan.

“Terdapat peningkatan load factor sejak layanan angkutan KSPN diluncurkan tahun 2019, setiap tahunnya mengalami peningkatan sebesar 55 persen hingga Agustus tahun 2024 yang artinya pada bulan Desember nanti akan mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya,” ujarnya pula, dilansir dari antara.

Menurut Risyapudin, dengan adanya peningkatan jumlah penumpang setiap tahunnya menandakan layanan ini mampu meningkatkan konektivitas dan rasa aman serta kepercayaan dari para wisatawan yang menggunakannya.

“Saat ini Kementerian Perhubungan terus berkoordinasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mempromosikan layanan angkutan antarmoda KSPN, agar dapat lebih memaksimalkan jumlah permintaan masyarakat,” kata Risyapudin. (sls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.