Kemeriahan Puncak HUT RI Ke-79 Kelurahan Pengasinan, Diisi Dengan Banyak Kegiatan

Simulasi Penanganan Kebakaran Disela Perayaan Puncak Kemerdekaan

Simulasi Penanganan Kebakaran pada puncak kegiatan HUT RI Ke-79 di kelurahan Pangasinan

Lurah Pengasinan, Wardi menyebut bahwa kegiatan ini merupakan bentuk partisipasi dan kecintaan seluruh warga pengasinan dalam perayaan HUT RI Ke-79 bekerjasama dengan LPM serta unsur lainnya.

“Alhamdulillah kelurahan pengasinan hari sudah melaksanakan kegiatan Pengasinan Bersinergi, yang mana kita berkolaborasi secara kewilayahan stakeholder terkait, ada lurah, Babinsa, bimaspol rekan-rekan struktural, LPM, BKM, semua bekerjasama ikut mensukseskan dalam rangka puncak perayaan HUT RI Ke-79 tingkat kelurahan pengasinan,” ujar Lurah Wardi kepada media.

Kembali Lurah Wardi menambahkan bahwa kegiatan lomba telah dilaksanakan sejak awal Agustus 2024 dengan berbagai lomba diantaranya tenis meja beregu antar RW, catur dan hari ini puncak yaitu PMT antar Posyandu dan lomba senam kreasi antar PKK RW.

“Jadi semua stakeholder kewilayahan sudah kita ikut sertakan karena memang itu semua keinginan RW dan juga masyarakat yang emang sudah 11 tahun tidak ada kegiatan. Atas dasar ide-ide bersama kita kolaborasi mencari ide, Alhamdulillah hari tuntas ,” katanya.

Lebih dari 1.000 warga dari 30 RW dan 185 RT kelurahan pengasinan tumpah ruang memenuhi area kantor kelurahan. Mereka nampak antusias mengikuti berbagai kegiatan dari mulai Jalan Santai di pagi hari hingga lomba serta panggung hiburan.

“Memang pengasinan terdiri dari 30 RW 185 RT, di masing-masing RW ada kelompok PKK RW, ada posyandunya, bagaimana kita mensukseskan program pemerintah, kalau tidak ada kerjasama dari kewilayahan, lurah tidak dapat bekerja makanya ini kita sajikan pestanya rakyat pestanya warga karena memang keseharian kami RT RW dan semua pihak luar biasa mendukung kinerja kelurahan,” kata lurah menambahkan.

Pada puncak kegiatan ini diisi dengan Lomba kreasi menu Pemberian Makanan Tambahan (PMT) antar Posyandu tingkat kelurahan Pengasinan, lomba Tari Kreasi dan banyak lagi lomba lain.

Menurut Lurah, lomba PMT tersebut selain untuk dilombakan juga dapat memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pembelajaran makanan bergizi untuk balita. Sedangkan untuk tim juri sendiri berasal dari Dinas Kesehatan Kota Bekasi.

“Jadi kita mengadakan lomba agar ada manfaat jangka panjangnya bukan sekedar hanya lomba-lomba saja PMT ini merupakan kegiatan rutin dari kader Posyandu jadi ada standar pemberian nilai gizi di dalam PMT itu nah itu kita lombakan,” ungkap Lurah Wardi.

Selain lomba dan panggung hiburan serta doorprize, kegiatan tersebut juga diisi dengan Simulasi Penanggulangan Kebakaran yang dilakukan Dinas Kebakaran Kota Bekasi kepada warga Pengasinan.

“Khusus tadi simulasi penanganan kebakaran memang kita memberikan edukasi kepada masyarakat, bagiamana misalkan di lingkungan rumahnya terjadi kebakaran atau kebocoran gas, masyarakat tidak kaget cara penanganannya.tadi kita Koordinasi dengan damkar, Alhamdulillah tim damkar hadir, itu bicara skala kecilnya terkait dengan kebocoran gas,”pungkasnya.

Selain itu, pihak kelurahan Pengasinan juga menyedikan stand bagi para UMKM setiap RW dan tidak dipungut biaya. Hal ini disambut baik bagi para pelaku UMKM di wilayah kelurahan Pengasinan.(Mam)

Leave A Reply

Your email address will not be published.