KEREN !! Poli Onkologi RSUDMA , Hanya Satu di Pulau Madura

Direktur RSUDMA, dra Erliyati

SUMENEP,Harnasnews – Menjadi satu-satunya yang ada di Pulau Madura , Poli Onkologi Rumah Sakit Umum Daerah dr H Moh Anwar (RSUDMA) Sumenep,menjadi andalan bagi masyarakat dari Kabupaten Sampang, Pamekasan, dan Sumenep yang membutuhkan penanganan kanker.

Pelayanan Poli Onkologi di Rumah Sakit plat merah ini ditangani oleh dokter spesialis onkologi, dr Husnul Ghaib, M.Kes, Sp.B (K) Onk.

Direktur RSUDMA, dra Erliyati , mengatakan bahwa jumlah pasien yang datang untuk berobat semakin meningkat.

“Untuk saat ini, Poli Onkologi RSUDMA adalah satu-satunya di Madura. Sehingga, bisa melayani kasus onkologi mulai dari Kabupaten Sampang, Pamekasan, dan Sumenep,” ujarnya pada Minggu (04/08/2024).

Poli Onkologi RSUDMA didirikan pada tahun 2019 dan mulai beroperasi secara mandiri pada tahun 2020.

“Pada awalnya, poli onkologi digabung dengan poli bedah umum. Namun, pada tahun 2020, poli ini berdiri sendiri dan sejak Februari 2021, telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan untuk melayani pasien penderita kanker,” Ujar Erliyati.

“Kerjasama dengan BPJS Kesehatan memungkinkan RSUDMA melayani semua pasien dari Madura yang terjamin oleh BPJS. Model rujukan pasien kanker di Madura diatur sedemikian rupa sehingga pasien dari Sumenep, Pamekasan, dan Sampang diprioritaskan untuk berobat ke RSUDMA,” Imbuhnya.

Mantan Kabid Dinkes ini juga mengungkapkan bahwa pasien kanker yang ditangani di Poli Onkologi RSUDMA rata-rata berjumlah lebih dari 80 orang per hari pelayanan.

“Pelayanan dibuka setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu, khusus untuk onkologi. Jika tidak dibatasi, jumlah pasien bisa mencapai lebih dari 100 orang,” tuturnya.

Poli Onkologi RSUDMA dilengkapi dengan alat kesehatan canggih seperti mamografi, CT scan, dan patologi anatomi, menjadikannya fasilitas yang unik di Madura.

“Sampai sekarang, RSUDMA masih satu-satunya di Madura yang memiliki alat diagnostik seperti mamografi,” Terangnya.

Erliyati mengungkapkan,RSUDMA telah menangani berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara, kanker kepala dan leher, kanker kulit, kanker jaringan ikat, dan kanker usus.

“Untuk saat ini, kasus kanker payudara adalah yang paling banyak ditangani. Jumlah penderita kanker payudara memang terbanyak di Madura, bahkan hingga dunia,”Ungkapnya.

Poli Onkologi RSUDMA juga menyediakan layanan pengobatan kanker payudara secara lengkap, mulai dari operasi, kemoterapi, hingga hormonal terapi.

“Yang belum dimiliki adalah radioterapi, karena fasilitas ini hanya tersedia di beberapa rumah sakit besar di Jawa Timur,” jelasnya.

Meskipun begitu, RSUDMA tetap berkomitmen untuk mengoptimalkan pelayanan terbaik di Madura dan berupaya menjadi pusat pengobatan kanker di wilayah tersebut.

“Kami sudah menyediakan singkatan Satya Omar, yaitu Pusat Pelayanan Onkologi Madura,”Pungkasnya. (HR/Zham)

Leave A Reply

Your email address will not be published.