Ketua KPU Kabupaten Bekasi Hadiri Rapat Pleno DPHP di Desa Lubangbuaya, Apresiasi Kerja Keras Pantarlih

BEKASI, Harnasnews – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi, Ali Ridho, menghadiri Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bekasi Tahun 2024 tingkat Desa Lubangbuaya. Acara tersebut diselenggarakan di Desa Lubangbuaya, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, pada Jumat (2/8/2024).

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua PPK Setu, Adinda Fitri Emilia; Ketua PPS Desa Lubangbuaya, Sukron; Sekretaris Desa Lubangbuaya, H Dartum; anggota Pantarlih Desa Lubangbuaya; Binmaspol Aipda Andri Purwanto; Babinsa Serka Toni Ariyanto dan Serda Basuki; serta Ketua Dewan Kebudayaan Kecamatan Setu, Wawan Hermawan, serta stakeholder terkait lainnya.

Ali Ridho menyampaikan bahwa kegiatan serupa dilaksanakan serentak di 187 desa/kelurahan di wilayah Kabupaten Bekasi pada tanggal 1-3 Agustus 2024. “Secara administratif, kita harus melaksanakan rapat pleno dengan baik. Ini adalah langkah penting dalam proses kepemiluan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ali menghimbau PPS untuk mengawal data pada pleno di tingkat kecamatan agar sesuai dengan data di tingkat desa. Dia juga mengapresiasi kerja keras Pantarlih yang telah terbukti pada hari ini dan dalam pemilu sebelumnya.

“Pantarlih bekerja bukan karena materi, mengingat honornya yang kecil, tapi mereka bekerja dengan kecintaan kepada negara ini dan bisa berkontribusi kepada bangsa,” puji Ali. Dia meyakini proses pendataan oleh Pantarlih mendekati valid karena dilakukan dengan teliti dan turun langsung ke warga.

Ali juga menyampaikan terima kasih kepada perangkat desa yang telah menerima dan memfasilitasi PPS dengan baik. Dia menekankan pentingnya PPS menjalin komunikasi yang baik dengan perangkat desa untuk kelancaran proses kepemiluan.

Adapun Sukron mengungkapkan bahwa jumlah Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) di Desa Lubangbuaya mencapai 17.303 orang, dengan rincian 8.578 laki-laki dan 8.725 perempuan. Sementara itu, jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Desa Lubangbuaya sebanyak 30.

Dia juga mengapresiasi kinerja Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang memastikan proses pemilu berjalan lancar sesuai dengan ketentuan. “Ada kendala, seperti data yang muncul namun orangnya tidak ada, tetapi hal tersebut bisa diselesaikan,” ujarnya.

Sementara itu, Adinda mengatakan untuk di Kecamatan Setu rapat pleno tingkat desa ini dimulai sejak tanggal 2 dan 3 Agustus. “Hari ini empat desa, dan besok 7 desa. Sedangkan untuk rekap tingkat kecamatan tanggal 7 Agustus,” ujarnya.

Dia juga mengatakan setelah rekap DPHP masih ada kesempatan bagi warga untuk melakukan pendaftaran pemilih di PPS desanya. “Dibantu masyarakatnya supaya tidak kebingungan,” pesannya.

Adapun H. Dartum menyampaikan harapannya terkait proses pemutakhiran data pemilih. “Pemdes berharap tidak satupun warga kita yang kehilangan hak pilih. Jangan sampai ada yang tertinggal sehingga menimbulkan permasalahan,” ujarnya.

Dia menambahkan, selama ini situasi di Lubangbuaya dalam pelaksanaan pemilu maupun pilkada sebelumnya selalu berjalan kondusif. “Alhamdulillah, Lubangbuaya selalu aman dan tertib dalam setiap penyelenggaraan pesta demokrasi. Kami berharap tradisi baik ini terus berlanjut,” tegasnya. (Supri)

Leave A Reply

Your email address will not be published.