KPU Kabupaten Bekasi Tetapkan 55 Anggota DPRD Terpilih Periode 2024-2029

BEKASI, Harnasnews – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bekasi Hasil Pemilu 2024, di Hotel Sunerra Antero, Kabupaten Bekasi, Kamis (13/6/2024).

Dalam rapat pleno tersebut, KPU Kabupaten Bekasi mengundang jajaran petinggi partai politik se-Kabupaten Bekasi, serta stakeholder terkait lainnya.

Ketua KPU Kabupaten Bekasi Ali Ridho mengatakan rapat pleno terbuka digelar setelah adanya putusan final dan mengikat dari Mahkamah Konstitusi (MK). Pada 11 Juni 2024, KPU RI telah mengeluarkan surat dinas agar KPUD di daerah yang hasil Pemilu 2024-nya digugat mengikuti putusan MK.

“Karena putusan MK bersifat final dan mengikat, maka sudah tidak bisa diganggu gugat dan tidak akan mengalami perubahan,” ujar Ali.

Sementara itu, Divisi Penanganan Pelanggaran Data dan Informasi Bawaslu Kabupaten Bekasi Khoirudin menyebut penetapan ini sebagai momen yang ditunggu banyak pihak dan puncak dari proses yang sudah dilalui bersama.

Dirinya mengapresiasi partai politik sebab Pemilu 2024 di Kabupaten Bekasi berjalan aman dan kondusif. “Alhamdulillah pada Pemilu kali ini kantor kami aman, tidak ada pengrusakan,” katanya.

Dalam rapat pleno terbuka tersebut, KPU Kabupaten Bekasi menetapkan hasil perolehan kursi DPRD Kabupaten Bekasi pada Pemilu Legislatif 2024. Partai Golkar meraih 10 kursi, disusul Gerindra dan PDI Perjuangan masing-masing 8 kursi.

Selanjutnya, PKB dan PKS memperoleh 7 kursi, Partai Demokrat 4 kursi, Partai Nasdem 3 kursi, dan PAN 3 kursi. Sementara itu, Partai Buruh dan PPP masing-masing meraih 2 kursi, serta PBB mendapatkan 1 kursi.

Adapun daftar lengkap 55 anggota DPRD Kabupaten Bekasi terpilih periode 2024-2029 adalah sebagai berikut:

Dapil 1:
H. Bodin (Gerindra), H. Bosih Awalludin (Golkar), Yusuf Fathullah Fajri (PKS), Usup Supriatna (PDI-P), Ahmad Saepudin (Gerindra), Hasan Basri (PKB), H. Agung Suganda (Golkar), dan Surohman (Partai Buruh), Sarif Marhaendi (PPP).

Dapil 2:
Ahmad bin Olim (Golkar), Budi M Mustafa (PKS), Iwan Setiawan (Gerindra), Jiovanno N. (PDI-P), Ombi Hari Wibowo (PKB), Adelia P. Kardin (Golkar), Budi Yanto (Nasdem), Iin Farihin (PBB).

Dapil 3:
H. Nuryasin (PKS), Helmi (Gerindra), Marico (Golkar), Soleman (PDI-P), Jamil (PAN), Hj. Nunung (PPP), A. Faisal (PKB), Matam (Demokrat).

Dapil 4:
Darissalam (Gerindra), M Dendy Aprijal (PKB), Hj. Puji Lestari (PKS), Dr. Subagyo/ Nurhayati (PDI-P), Muhtada Sobirin (Golkar), Mustakim (Nasdem), dan Karsih (PAN).

Leave A Reply

Your email address will not be published.