KPU Kota Pasuruan Pastikan Akan Ada Perubahan Pada DPT Di Pilkada 2024

BERITA

Ketua KPU Kota Pasuruan, Nanang Abidin didampingi Komisioner KPU Kota Divisi Parmas dan SDM, Visensia Niken Devi Intan Sari saat memberikan komentar kepada awak media.

PASURUAN, Harnasnews – Sosialisasi petunjuk teknis penyusunan daftar pemilih dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur serta walikota dan wakil walikota Pasuruan tahun 2024 digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pasuruan pada hari Jum’at (12/7/2024).

Kegiatan yang dilaksanakan di RM. Kurnia Kota Pasurian di hadiri pimpinan Partai Politik, Ormas, tokoh agama, tokoh masyarakat dan para tamu undangan lainnya. Ketua KPU Kota Pasuruan Nanang Abidin menyampaikan bahwa sudah mulai melakukan sosialisasi mengenai tahapan Pemilu yang utamanya pada Pilkada.

“KPU Kota Pasuruan mulai dari kemarin sudah melakukan sosialisasi, saat ini kami hanya bertugas di tahapan pemutakhiran data pemilih sehingga kami bersinergi terhadap stakeholder Pemkot Pasuruan, Tomas, Toga,  ormas dan partai politik. Nantinya kami akan mengundang perwakilan-perwakilan LSM yang ada di Kota Pasuruan agar bisa ikut mensukseskan Pilkada mendatang” urai Nanang.

Lebih lanjut Ketua KPU Kota Pasuruan berharap agar setiap warga Kota Pasuruan benar-benar terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Kami sudah memberikan tugas kepada pantarlih untuk mencocokkan dari rumah ke rumah, dan setiap warga Kota Pasuruan hari ini harus benar-benar terdaftar di DPT pada Pilkada Depan,” terang Ketua KPU Kota Pasuruan.

Disinggung soal berapa persen proses pemutakhiran data pemilih, “di minggu kemarin sudah mencapai 80 persen, kita targetkan minggu depan bisa 90-100 persen hingga 25 Juli 2024,” ujar Nanang.

Sementara itu Komisioner KPU Kota Divisi Parmas dan SDM, Visensia Niken Devi Intan Sari menjelaskan bahwa DPT sudah tentu ada perubahan pada Pilkada.

“Di tanggal 27 November mendatang akan anak-anak yang usianya sudah bisa memberikan hak pilih, pasti sudah harus masuk DPT. Sedangkan akan ada pengurangan karena ada yang meninggal, jadi ada penambahan dan pengurangan pada DPT Pilkada ini,” jelas Visen.

Diterangkan bahwa KPU Kota Pasuruan akan memberikan sosialisasi untuk pemilih pemula dengan berkerja sama dengan steakholder terkait.

“Kita sudah bersurat kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jatim wilayah Kota Pasuruan yang membawahi SMA/SMK untuk mendapatkan datanya kemudian nanti kami jadwalkan untuk berkunjung ke sekolah memberikan sosialisasi,” pungkasnya.

Diketahui, di bulan Juni KPU Kota Pasuruan telah melantik 554 orang Pantarlih sekarang masih melakukan proses pendataan sesuai dengan tugas Pantarlih.(Hid)

Leave A Reply

Your email address will not be published.