Lanjutkan Penghijauan, Tri Adhianto Dorong Urban Farming untuk Ketahanan Pangan dan Wisata Edukasi di Kota Bekasi

KOTA BEKASI, Harnasnews.com – Calon Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, kembali menegaskan komitmennya dalam mendorong gerakan penghijauan serta ketahanan pangan yang meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui konsep urban farming.

Kegiatan yang juga diisi dengan senam bersama warga serta penanaman bibit pohon tersebut, Tri didampingi istrinya, Wiwiek Hargono itu berlangsung di RW 11 Kompleks Ereska, Jatisampurna, Sabtu (19/10/24).

“Kebetulan lahan disini masih luas, jadi kita bisa tanam bibit pohon jengkol, mahoni, jambu klutuk, sirsak, harapannya bisa dinikmati sekaligus untuk membuat suasana makin asri,” tuturnya.

Selain ketahanan pangan, Tri juga menargetkan urban farming sebagai destinasi wisata edukasi yang menarik. Pemanfaatan lahan terbatas untuk pertanian perkotaan diharapkan mampu menciptakan ruang hijau yang berfungsi ganda, baik sebagai sarana edukasi lingkungan, wisata lokal, maupun penggerak ekonomi.

“Kami ingin ruang-ruang terbuka hijau tidak hanya berfungsi ekologis, tetapi juga bisa mendukung sektor pariwisata dan ekonomi lokal. Kawasan Taman Buah yang kita tanam hari ini bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata alam yang edukatif,” tambahnya

Sebelumnya, ketika Tri menjabat sebagai wakil walikota hingga Plt, dirinya telah menggalakan urban farming seperti hidroponik serta menanam lebih dari 1000 pohon sukun di 12 kecamatan, termasuk sepanjang Jalan Pangeran Jayakarta, Medan Satria, dan Jalan Baru Underpass, Bekasi Timur, yang hasilnya sudah bisa dinikmati oleh warga sekitar.

“Penanaman pohon buah di Jatisampurna ini merupakan kelanjutan dari upaya penghijauan yang pernah kita lakukan seperti tanam 1000 pohon sukun di beberapa wilayah. Pohon-pohon buah ini memiliki nilai ekonomis, karena hasilnya bisa dimanfaatkan masyarakat, serta menjadi bagian dari solusi ketahanan pangan di wilayah perkotaan,” kata Tri.

Tri Adhianto yang berpasangan dengan Harris Bobihoe berkomitmen menjadikan konsep urban farming dan penghijauan sebagai bagian penting dari program pembangunan berkelanjutan berbasis lingkungan di Kota Bekasi.

“Pemkot Bekasi itu juga punya rumah bibit pohon, jadi warga yang mau tanam-tanam pohon di pekarangan rumah atau punya lahan, bisa mengajukan dan itu gratis,” tutup Pria yang akrab disapa Mas Tri.

Hal tersebut mendapat respon positif dari warga sekitar, menurut Warso (55) ini menjadi langkah nyata dari Calon Walikota Bekasi, Tri Adhianto dalam menciptakan sinergi antara penghijauan, ketahanan pangan, serta pengembangan wisata lokal yang ramah lingkungan dan berbasis komunitas.

“Antusias sekali, karena kita udah tau rekam jejak Mas Tri selama menjabat kemarin, dia menaruh perhatian lebih terhadap penghijauan khususnya soal pelestarian lingkungan, dan itu dia lakukan dalam aksi nyata hari,” tuturnya. (Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.