Menteri PPN Paparkan Enam Stategi Redesain Transformasi Ekonomi

Kemudian strategi keempat adalah transformasi digital melalui infrastruktur digital, pemanfaatan digital dan penguatan enabler.

Strategi kelima, lanjut Suharso, adalah penguatan integrasi ekonomi domestik dengan infrastruktur konektivitas, superhub, hub laut, dan hub udara serta domestic value chain.

Strategi terakhir adalah pemindahan Ibu Kota Negara yang akan menjadi sumber pertumbuhan baru dan menyeimbangkan ekonomi antar wilayah.

“Kita ingin membentuk sebuah playground baru mendorong peningkatan untuk pemodal dan tenaga kerja dan ada hitungan secara spesifik yang kami lakukan,” jelas Suharso, dilansir dari antara.

Adapun redesain transformasi ekonomi merupakan langkah pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan menuju 6 persen untuk membawa Indonesia keluar dari middle income trap sebelum tahun 2045. Transformasi ekonomi akan mengubah struktur perekonomian dari lower productivity to higher productivity sectors serta meningkatkan produktivitas di masing-masing sektor.

Melalui redesain transformasi ekonomi, pemerintah menargetkan Indonesia pada 2045 akan menjadi negara maju dengan PDB terbesar kelima dengan 7,4 triliun dolar AS dan PDB per kapita mencapai 23.199 dolar AS.(qq)

Leave A Reply

Your email address will not be published.