OJK Perluas Inklusi Keuangan di Pedesaan Sumut

MEDAN, Harnasnews – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memperluas inklusi keuangan di perdesaan Sumatera Utara melalui program Ekosistem Keuangan Inklusif (EKI) demi mendekatkan akses masyarakat di provinsi tersebut pada produk dan layanan jasa keuangan.

“Kami bersama Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) mendorong masyarakat desa untuk lebih mengenal dan memanfaatkan layanan keuangan formal, yang dapat meningkatkan kesejahteraan mereka,” ujar Analis Senior Deputi Direktur Pengawasan Perilaku PUJK, Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Sumut Reza Leonhard di Medan, Sabtu.

Reza melanjutkan,  OJK melakukan perluasan program EKI dengan melaksanakan kegiatan edukasi, temu bisnis, serta implementasi EKI di Desa Denai Sarang Burung, Kabupaten Deli Serdang.

Kegiatan yang digelar pada Jumat (7/6) itu diikuti 120 peserta yang terdiri dari pelaku UMKM, pelajar, dan perangkat desa.

Dalam acara tersebut, masyarakat dibiasakan dengan kredit usaha rakyat (KUR) untuk membantu pelaku UMKM mendapatkan modal usaha atau memperluas jaringan bisnis dan mengakses berbagai layanan keuangan yang lebih inklusi.

Kemudian, pada momen tersebut juga dilakukan pembukaan agen Laku Pandai atau Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif, pembuatan tabungan simpanan pelajar (Simpel), dan penerapan transaksi QRIS.

Menurut Reza, kegiatan itu bertujuan untuk mempermudah akses masyarakat desa terhadap layanan perbankan dan transaksi nontunai masyarakat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.