Operasi Zebra Jaya 2024 Kota Bekasi, Kapolres Soroti Dominasi Pelanggaran Dari Kalangan Produktif

KOTA BEKASI, Harnasnews.com – Polres Metro Bekasi Kota menggelar apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Zebra Jaya 2024 tingkat Kota Bekasi, di halaman Mapolres, Jalan Pangeran Jayakarta, Bekasi Kota, pada Selasa (15/10/24).

Apel ini dipimpin oleh Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol. Dani Hamdani. Apel ini dihadiri oleh personel gabungan dari TNI-Polri, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bekasi, Dinas Perhubungan Kota Bekasi, dan Dinas Kesehatan Kota Bekasi. Selain itu, turut hadir Dandim 0507/Bekasi Kolonel Arm Rico Ricardo Sirait, Wakapolres AKBP Dhany Aryanda dan sejumlah pejabat lainnya.

Operasi Zebra Jaya 2024 berlangsung dari tanggal 14 hingga 27 Oktober 2024, bertujuan untuk mendukung kelancaran pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya Kamseltibcarlantas (keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas).

Dalam amanatnya, Kapolres menekankan pentingnya Operasi Zebra Jaya sebagai momentum strategis untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas. Ia menjelaskan bahwa strategi yang dijalankan mengedepankan pendekatan humanis, dengan fokus pada tindakan preventif dan Preemtif.

“Meskipun ada teguran keras untuk diberikan untuk pelanggaran yang membahayakan,” ujar Kapolres.

Sasaran operasi mencakup pelanggaran seperti kecepatan berlebih, mengemudi di bawah pengaruh alkohol, dan lainnya. Lokasi-lokasi strategis yang rawan kecelakaan akan menjadi fokus utama petugas.

Kombes Pol. Dani Hamdani juga menyoroti dominasi pelanggaran lalu lintas oleh pengendara sepeda motor dari kalangan usia produktif. Ia berharap kehadiran petugas Lalu Lintas (Polantas) dapat menjadi garda terdepan dalam penegakan hukum dan memberikan rasa aman bagi masyarakat.

Sebagai penanda resmi dimulainya Operasi Zebra Jaya 2024, Kapolres Metro Bekasi Kota secara simbolis melakukan penyematan pita kepada perwakilan petugas dari Polri, TNI, dan Dinas Perhubungan Kota Bekasi.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Metro Bekasi Kota, AKBP Yugi Bayu Hendarto dalam keterangannya menyatakan bahwa operasi Zebra Jaya 2024 bertujuan untuk meningkatkan disiplin berlalu lintas.

“Kita menginginkan masyarakat lebih disiplin dalam berlalu lintas kemudian Kamseltibcarlantas bisa tercapai akhirnya Polri bisa mengurangi angka kemacetan dan fatalitas kecelakaan,” kata AKBP Yugi Bayu Hendarto.

Kemudian lanjut Kasat, kepada yang ditemukan adanya pelanggaran, petugas akan melakukan penindakan dengan memberikan blangko teguran terutama pelanggaran yang jelas terlihat atau kasat mata seperti tidak menggunakan helm dan berboncengan lebih dari satu orang.

“Petugas akan melakukan penindakan dengan memberikan blangko teguran, terutama untuk pelanggaran yang kasat mata, seperti tidak menggunakan helm dan berboncengan lebih dari satu orang,” jelasnya.

Untuk diketahui, Kasatlantas sampaikan pelaksanaan operasi Zebra di Kota Bekasi ada 3 titik terdiri dari dijalan Ahmada Yani, jalan sersan Aswan dan di Jl. Ir Juanda Bekasi Timur serta untuk tingkat Polsek dilaksanakan di wilayah masing – masing. (Mam)

Leave A Reply

Your email address will not be published.