Pawai 1 Muharam, Kecamatan Rawalumbu Usung Nilai-nilai Pluralisme Pancasila

KOTA BEKASI, Harnasnews.com – Mengusung nilai-nilai Pluralisme Pancasila, Sekretaris Camat Rawalumbu, Yudistira sambut Tahun Baru Islam 1 Muharam dalam pawai yang dilaksanakan jajaran Pemkot Bekasi di Alun-alun Hasibuan Kota Bekasi pada Jumat (05/07/24).

Acara yang digagas setiap tahunnya oleh Pemkot Bekasi ini bertujuan memperkuat semangat toleransi dan keberagaman di tengah masyarakat Bekasi.

Pawai 1 Muharam ini melibatkan jajaran pemerintah daerah, 56 Kelurahan, 12 Kecamatan dan elemen masyarakat, mulai dari tokoh agama dan tokoh pemuda.

Yudistira berharap inisiatif ini dapat menjadi wadah untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa, sesuai dengan semangat yang diusung oleh Pancasila.

“Kami ingin menyampaikan pesan bahwa semangat pluralisme Pancasila harus terus kita pelihara. Ini adalah momen yang tepat untuk merefleksikan nilai-nilai toleransi, persaudaraan, dan kebhinekaan dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Yudistira kepada awak media, Jumat (5/7/2024).

Acara ini mendapatkan antusiasme tinggi dari warga kota Bekasi, terlihat dari banyaknya partisipasi. Tokoh masyarakat setempat menyambut positif langkah ini.

“Konsep ini sangat relevan dengan kondisi masyarakat kita yang heterogen. Melalui kegiatan seperti ini, kita dapat lebih memahami dan menghargai perbedaan,” ujar salah satu peserta acara.

Adapun rute pawai 1 Muharam ini berjarak 5 kilometer mulai titik kumpul di Pemkot Bekasi, Jalan Ahmad Yani menuju Alun-Alun Hasibuan. (Mam)

Leave A Reply

Your email address will not be published.