Pengamat Militer Sebut Sudah Saatnya TNI AL Miliki Kapal Induk

JAKARTA, Harnasnews – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) jatuh setiap tanggal 10 September. Garda terdepan pelindung laut Indonesia ini merayakan hari jadinya yang ke-79 pada Selasa, (10/9/2024).

Peringatan ulang tahun TNI AL dipusatkan di Jakarta dan dipimpin langsung oleh Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto, dan bertempat di Geladak Heli KRI dr. Widyodiningrat-992 yang berlayar di teluk Jakarta.

Namun, ada yang berbeda dari perayaan HUT ke-79 TNI AL kali ini. Alih-alih melakukan seremoni besar di pangkalan militer seperti tahun-tahun sebelumnya, seremoni HUT ke-79 TNI AL justru digelar di atas kapal perang yang sedang berlayar.

Menurut pengamat militer Wibisono mengatakan peringatan kali ini sangat berbeda dan Angkatan Laut bisa menampilkan kekuatan militer di laut secara terbuka.

“Banyak atraksi menarik. Penampilan atraksi dari prajurit TNI AL dalam HUT ke-79 TNI AL, mengusung tema “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe, TNI AL Siap Mewujudkan Nusantara Baru Indonesia Maju”, peringatan HUT ke-79 TNI AL menampilkan banyak atraksi menarik,” ujar Wibisono, dalam keterangannya, Kamis (12/9/2024).

Wibi sangat mengapresiasi terhadap Kepala staff Angkatan Laut (KASAL) laksamana Muhammad Ali yang telah merayakan ulang tahun TNI Angkatan Laut dengan meriah dan berani tampil beda dilakukan di atas kapal yang sedang berlayar.

“Kedepannya kekuatan angkatan Laut harus lebih maju dalam hal pengadaan alutsista dan kapal perang, dan sudah saatnya Angkatan Laut punya kapal induk dan perbanyak kapal perang untuk bisa mengamankan wilayah laut Indonesia, Dirgahayu TNI angkatan Laut,Jalesveva Jayamahe.” pungkasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.