Pengunjung RSUD Bangil Mengalami Peningkatan Signifikan Di Semester Pertama 2024

BERITA

Antrian pengunjung yang berada di ruang tunggu pendaftaran Poli.

PASURUAN, Harnasnews – Dalam enam bulan terakhir tau masuk dalam semester pertama di tahun 2024, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil makin banyak mendapatkan kunjungan dari masyarakat sehingga terlihat penuh sebagian layanan yang rawat inap serta rawat jalan selalu dipenuhi silih berganti.

Berdasrkan data statistik RSUD Bangil, terdapat jumlah pasien rawat inap mulai bulan Januari – Juli 2024 mencapai 27.117 orang. Rata-rata, per bulannya terdapat 2.600 sampai 3.300 pasien yang dilayani oleh RSUD Bangil.

Sedangkan hasil jumlah untuk layanan rawat jalan, semakin meningkat justru jauh lebih banyak. Dari data yang ada dikalkulasikan, ada sebanyak 129.442 pasien rawat jalan yang datang ke RSUD Bangil. Rata-rata per bulannya tak kurang dari 11.000 sampai 16.000 pasien yang mempercayakan urusan kesehatannya pada RSUD Bangil.

Humas RSUD Bangil, M Hayat menerangkan, dengan semakin bertambahnya jumlah pasien di RSUD Bangil tak lepas dari beberapa faktor, baik dalam pelayanan seperti banyaknya inovasi yang dibuat untuk memudahkan para pasien dalam mendapatkan akses layanan kesehatan.

Selain itu, sarana dan prasarana yang mendukung banyaknya orang ke rumah sakit juga disebabkan oleh faktor pembiayaan kesehatan masyarakat yang ditanggung negara. Dalam hal ini BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) melalui program Universal Health Coverage (UHC).

“Dapat dikatakan, rata – rata masyarakat Kabupaten Pasuruan sudah hampir 100 persen telah terjamin kesehatannya. Pemda juga menyiapkan anggaran setiap tahunnya untuk membiayai kesehatan melalui BPJS,” terang Hayat.

RSUD Bangil berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan selama ini, dengan terus bertambahnya jumlah pasien, Hayat menghimbau agar masyarakat dapat berperan aktif dalam mendapatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

“Kami akan terus menerima saran, kritik dan masukan agar ke depannya semakin baik. Karena semua demi pelayanan yang maksimal kepada para pasien dan warga,” jelas Humas RSUD Bangil.

M. Hayat menambahkan, “hal yang dilakukan sesuai dengan komitmen RSUD Bangil untuk selalu meningkatkan kualitas layanan demi kenyamanan dan kesehatan masyarakat. Dengan kemampuan untuk menangani banyak pasien, rumah sakit ini semakin berperan penting dalam meningkatkan kesehatan di Kabupaten Pasuruan,” pungkasnya.(Hid)

Leave A Reply

Your email address will not be published.