Permasalahan PPDB Masih Bergulir, Ini Kata Faisal

KOTA BEKASI, Harnasnews.com – Menanggapi banyaknya keluhan masyarakat terkait dengan PPDB 2024, Ketua Komisi I DPRD Kota Bekasi, Faisal memberikan komentarnya, kepada awak media di gedung DPRD Kota Bekasi pada Rabu (17/07/24).

Faisal menjelaskan bahwa pihak Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) harus siap menyediakan sekolah gratis untuk masyarakat kurang mampu.

Pasalnya, hampir keseluruhan masyarakat lebih memilih SMP Negeri lantaran persoalan finansial dan jarak tempuh dari rumah ke sekolah.

“Artinya, semangatnya sama BMPS juga pengen bagaimana pendidikan di Kota Bekasi lebih baik, pemerintah juga sama ingin warga mendapatkan pelayanan pendidikan lebih optimal. Ini yang menjadi persoalan hari ini banyak orang tua tidak mau anaknya sekolah jauh dari rumah. Dan banyak orang tua yang tidak sanggup membayar sekolah di swasta. Artinya peran pemerintah harus hadir di dalam,” kata Faisal.

Selain itu, Faisal pun mengatakan pemerintah harus hadir di tengah persoalan pendidikan yang dialami oleh masyarakat hari ini.

“Karena kita harus mempersiapkan wajib belajar 12 tahun dan kita harus menjemput Indonesia emas dengan bonus demografi di tahun 2045, semua dengan SDM yang baik. Tadi pesan saya hanya satu bagaimana hari ini masyarakat tidak mampu bisa keterima. Entah itu di negeri ataupun di swasta, yang penting 100 persen gratis,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris BMPS Kota Bekasi, Ayung Sardi Dauly mengaku sudah ada beberapa sekolah swasta yang siap memberikan pelayanan gratis kepada masyarakat yang kurang mampu.

“Kita siap gratis di seluruh sekolah swasta yang ada di setiap kecamatan,” ucapnya singkat.(Mam)

Leave A Reply

Your email address will not be published.