Pj Bupati Bekasi Apresiasi Kinerja Satpol PP dan Satlinmas

BEKASI, Harnasnews – Pemerintah Kabupaten Bekasi menggelar peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) sekaligus HUT ke-62 Satuan Pelindung Masyarakat (Satlinmas) di Plaza Pemkab Bekasi, Cikarang Pusat, Senin (3/6/2024). Acara dihadiri pejabat Satpol PP Jawa Barat, jajaran Satpol PP Kabupaten Bekasi, dan Satlinmas se-Kabupaten Bekasi.

Dalam kesempatan itu, Penjabat (Pj) Bupati Bekasi Dani Ramdan mengapresiasi pengabdian Satpol PP dan Satlinmas yang bekerja tanpa mengenal waktu menjaga keamanan lingkungan secara sukarela.

“Meski sukarela, mereka hampir tak pernah libur. Senin hingga Sabtu-Minggu, jika ada tugas, mereka harus siap sedia. Saat bencana, mereka yang paling awal tiba, saat ada hajatan, hampir semua urusan di desa atau kampung melibatkan Satlinmas,” ujar Dani usai upacara.

Dia menyebut Satpol PP berperan penting bagi Pemerintah Kabupaten Bekasi karena menjadi garda terdepan menangani bangunan liar, miras, tempat hiburan tanpa izin, dan konflik sosial lainnya.

“Potensi pelanggaran ketertiban umum menjadi tugas Satpol PP yang jumlahnya belum berimbang dengan penduduk. Tapi mereka tetap ada piket setiap hari, untuk itu kami berterima kasih,” tuturnya.

Sebagai bentuk apresiasi, Pemkab Bekasi memberikan asuransi BPJS Ketenagakerjaan untuk Satlinmas yang berisiko kecelakaan kerja atau sakit. Jika wafat, ahli waris akan mendapat santunan Rp 42 juta. Selain itu, anak anggota dengan masa kerja 3 tahun, maka dua anaknya akan diberikan beasiswa pendidikan hingga perguruan tinggi.

Sementara itu, Kasatpol PP Bekasi Surya Wijaya mengatakan peringatan HUT ini mendorong Satpol PP dan Satlinmas bekerja lebih baik menjaga ketertiban dan melindungi masyarakat. Adapun dalam rangka momentum Pilkada 2024, Satlinmas di desa dan kelurahan akan diturunkan mengamankan Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Linmas nanti tiap desa ada 10 orang, sisanya akan ditunjuk di TPS atau PPS masing-masing, jadi kerjanya bersifat adhoc,” jelas Surya. (Supri)

Leave A Reply

Your email address will not be published.