Polisi Amankan Pelaksanaan Sholat Ied Muhammadiyah di Bekasi Selatan

KOTA BEKASI, Harnasnews.com – Perbedaan perayaan hari raya Idhul Fitri 1444 H, Muhammadiyah melakukan sholat Ied lebih dulu pada hari ini. Nampak di beberapa lokasi pelaksanaan dipadati jamaah.

Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Dani Hamdani menuturkan bahwa pihak kepolisian melakukan pengamanan sholat Ied di beberapa lokasi.

“Diawali dengan bagaimana kami mengamankan masyarakat yang akan mudik lebaran hingga libur lebaran dan hari ini kami mengamankan shalat ied yang dilaksanakan hari jumat tanggal 21 April 2023,” ujar Kapolres Dani Hamdani kepada media saat meninjau pospam Giant Bekasi Selatan pada Kamis (20/04/23)

Lebih lanjut ia juga menuturkan bahwa ada 26 titik yang dijadikan lokasi shalat Ied yang di mulai sejak pukul 06:30 wib. Sejumlah personil ditempatkan di lokasi-lokasi itu.

“Lokasi yang hingga hari ini permintaan pengamanan untuk pihak kepolisian sudah kami respon. Jadi beberapa personel kita tempatkan di lokasi di lapangan yang digunakan masyarakat untuk shalat,”imbuhnya.

Kapolres kembali menambahkan bahwa operasi ketupat jaya yang di gelar sejak 18 April hingga 1 Mei mendatang, sejauh ini berjalan dengan kondusif.

Di Bekasi Selatan sendiri, ada 3 lokasi yang dijadikan Pelaksanaan sholat Ied yaitu di Lapangan Tenis RW.013 Jl. Pulo Sirih Timur Raya Perumahan Taman Galaxy Kel. Pekayon Jaya Halaman Parkir Depan Bekasi Cyber Park Jl. KH. Noer Ali No.177 Kel. Kayuringin Jaya dan Halaman Sekolah Perguruan Islam Darussalam/ Masjid Ar-Rahman Darussalam Jl. Cikunir Raya Kel. Jakamulya.

Sementara itu Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Bekasi Soekandar Ghazali mengatakan bahwa pada pelaksanaan sholat Ied tahun ini berjalan dengan lancar.

“Tentunya hari ini pelaksanaan shalat idul fitri ini walaupun berbeda dengan diluar muhammadiyah ttpi jgn dijadikan perbedaan. Karena muhammadiyah menganut sistem metode Hisab Hakiki Wujudul Hilal,” kata Soekandar Gozali saat dikonfirmasi pada Jumat (21/04/23).

Kembali ditambahkan Soekandar Gozali, salah satu lokasi yang dijadikan pelaksana sholat ied ialah area parkir bcp, Bekasi Selatan, yang memang secara rutin dilakukan di lokasi itu.

“Pertama ini sudah 30 tahun sudah hubungan baik antara PCM Bekasi Selatan dengan management pihak BCP. Dulu sebelum ada Aston ini agak luas tp dgn adanya aston ini sedikit sempit makanya keluar itu.Jadi hubungan kita baik antara PCM selatan dgn managemen BCP. Idul Adha dan Idul Fitri memang selalu shalat di sini,” pungkasnya.

Selain pelaksanaan sholat Ied pada hari ini, jajaran kepolisian juga akan menggelar apel pengamanan malam takbiran di wilayah Kota Bekasi sesuai dengan agenda pemerintah bahwa 1 Syawal akan dilaksanakan Sabtu 22 April 2023. (Mam)

Leave A Reply

Your email address will not be published.